Polinas LP3I Tamalanrea Ciptakan Alumni Kompeten Bidang Pelayanan

0 Komentar

LP3i

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Politeknik Nasional (Polinas) LP3I Tamalanrea Makassar menggelar Pelatihan dan Sertifikasi bagi alumni barunya. Difokuskan untuk meningkatkan kompetensi dalam Skema Retail (Bidang Pelayanan).

Kegiatan yang bertajuk “SDM Unggul Indonesia Maju” diikuti 50 alumni, bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Skill Development Center (SDC), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan BKSP Sulsel, berlangsung di Kampusnya, Rabu, 13 November.

Pembina Yayasan Mitra Mandiri, Yusran Paris, mengungkapkan, kapasitas fresh greduate harus terus ditingkatkan. Selain ijazah, mereka wajib memiliki sertifikat kompetensi agar mampu bersaing dengan tenaga kerja lain.

“Kebutuhan tenaga kerja di bisnis retail semakin besar. Mau jadi pramuniaga atau apapun itu, diharapkan sertifikat menjadi nilai tambah khusus. Apalagi, mereka akan bertemu dengan banyak konsumen,” ungkap pria yang menjabat sebagai Ketua BKSP Sulsel.

Kepala Disnakers Makassar, A Irwan Bangsawan mengutarakan, jumlah pengangguran di Sulsel 12,04 persen, kurang lebih sebanyak 100.000 orang. Oleh karena itu, kata dia, butuh tindakan antisipasi dari setiap perguruan tinggi.

“Di kampus pendidikan vokasi misalnya. Sesuai dengan permintaan pemerintah, jumlahnya akan ditambah demi menyiapkan tenaga kerja yang profesional. Tidak cuma ijazah, tetapi didampingi sertifikat kompetensi,” tambahnya.

Sekadar diketahui, SDC Makassar sendiri merupakan lembaga yang dibentuk untuk menuntaskan jumlah pengangguran. (sul/lin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...