Sempat Menguat, Fadel Muhammad dan Jimly Asshiddiqie Tinggalkan Munas Dekopin

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jelang pemilihan Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Fadel Muhammad dan Jimly Asshiddiqie angkat koper. Meninggalkan arena musyawarah nasional (munas).

Hari ketiga musyawarah nasional Dekopin yang berlangsung di Hotel Claro Makassar. Salah satu agenda munas hari ini, adalah pemilihan Ketua Umum Dekopin. Namun dua tokoh Fadel Muhammad dan Jimly Asshiddiqie justru memilih meninggalkan arena munas.

Fadel, adalah mantan Gubernur Gorontalo sedangkan Jimly merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini, disebut-sebut menguat untuk mencalonkan diri maju di Munas Dekopin menggantikan Ketum Nurdin Halid untuk periode lima tahun ke depan.

Namun dari berbagai sumber informasi di arena Munas, kedua tokoh nasional tersebut dikabarkan “angkat koper” alias mundur, dari pertarungan kursi panas menjadi Ketum Dekopin baru.

“Mulai kemarin sampai hari ini, keduanya tidak lagi terlihat di arena Munas. Mungkin mereka sudah balik ke Jakarta,” kata salah satu anggota Dekopinwil Jawa Timur yang meminta namanya tidak dipublis.

Ketum Dekopin Nurdin Halid sebelumnya mempersilahkan bagi siapapun untuk mencalonkan diri maju sebagai bacalon Ketum Dekopin.

“Kita membuka ruang selebar-lebarnya bagi siapapun yang ingin bertarung. Tetapi harus sesuai kaidah dan aturan yang ada,” kata Nurdin.

Sekadar diketahui, Munas ini diikuti 600 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya 40 Induk Koperasi, Koperasi Sekunder Nasional, 34 Dekopinwil, 450 Dekopinda Kabupaten dan Kota, serta Pimpinan Peripurna, Pengawas, Majelis Pakar dan Penasehat Dekopin. (bay/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...