Siswi Ponpes Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wakili Sulsel di Ajang Student Leadership Award

Dua siswi berprestasi.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam terus mendorong madrasah menjadi lebih hebat dan bermartabat.
Maka, melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah, salah satu instrumen mewujudkan itu dengan menggelar Madrasah Student Leadership Award Tahun 2019.

Kegiatan ini merupakan kali kedua yang diadakan Kementerian Agama RI dalam rangka menyemarakkan rangkaian Hari Santri Nasional dan Sumpah Pemuda Tahun 2019.

Dan tahun ini, Kementerian Agama Provinsi Sulsel mengirimkan dua siswi terbaiknya di ajang Madrasah Student Leadership Award.

Mereka adalah Sitti Khalifaturrahmi dari Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin 'Aisyiyah Sulsel dan Mutia Ulya dari MAN Luwu, yang telah berhasil lolos seleksi awal dari ratusan peserta se Indonesia dengan mengirimkan Esai dengan tema “Generasi Muda Menyongsong Revolusi Industri 4.0”.

Salah satu ketentuan juga dalam ajang ini adalah peserta yang dapat ikut  merupakan Ketua OSIS/Wakil Ketua OSIS pada Madrasahnya.

Tahapan kegiatan ini di mulai dari pendaftaran peserta pada bulan juli - agustus, yang kemudian pengumuman lolos seleksi esai pada bulan oktober dan dari ratusan esai yang masuk akhirnya di pilih 33 peserta yang lolos tahapan Grand Final yang berlangsung mulai tanggal 12-15 November 2019.

Selain itu juga untuk melatih komunikasi efektif dan kemampuan diskusi dalam bahasa Inggris pengurus OSIS Madrasah. Yang  terpenting adalah  target agar pengurus OSIS Madrasah memiliki kepekaan sosial atau aware terhadap isu-isu global.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Kementerian Agama RI, Dr Umar MA hadir membuka acara Pendampingan Madrasah Student Leadership Award pada selasa, 12 November Tahun 2019 di Hotel Sahid Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Hadir pula saat pembukaan, Kasubdit Kesiswaan Kementarian Agama RI, Dra Nanik Puji Hastuti MSi.

"Target yang ingin di capai dari Madrasah Student Leadership Award adalah untuk mendorong kemampuan Leadership dan public speaking skill pengurus OSIS Madrasah," ungkap Dr Umar, Rabu (13/11/2019).

Kepada para peseta, Umar berharap semoga peserta yang ikut kegiatan ini bisa menjadi pemimpin Indonesia, baik menjadi menteri, atau DPR, gubernur bahkan presiden," harapnya. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...