Pesona Air Terjun 3 Tingkat di Lubuk Hitam Padang

0 Komentar

Foto kidalnarsis.com

FAJAR.CO.ID– Keindahan alam Sumatera Barat (Sumbar) membuat para wisatawan kini banyak yang berdatangan ke sana.

Pilihan destinasi liburan yang dapat dikunjungi juga sangat variatif.

Anda bisa menemukan panorama pantai yang indah, danau cantik, ataupun air terjun memukau.

Nah, salah satu destinasi yang menjadi bukti keindahan alam Sumbar adalah Air Terjun Lubuk Hitam Padang.

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan salah satu wisata alam yang dikenal luas oleh masyarakat Kota Padang. Lokasinya bisa ditemukan di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang.

Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 25 km dari pusat Kota Padang untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Lokasinya juga mudah ditemukan karena berada tak jauh dari jalan raya.

Keunikan Air Terjun Lubuk Hitam Padang

Anda mungkin bertanya-tanya, apa yang membuat Air Terjun Lubuk Hitam menjadi destinasi wisata populer di Kota Padang? Air terjun ini memiliki nama lain yakni Air Terjun Tiga Tingkat.

Sesuai dengan namanya, Anda bakal menjumpai keberadaan air terjun dalam tiga tingkat yang berbeda. Ketiga tingkatan air terjun itu juga punya karakteristik berbeda.

Dua tingkatan pertama pada air terjun ini masing-masing memiliki ketinggian 2 meter serta 10 meter. Keduanya juga dapat dijangkau dengan mudah karena memiliki jalur yang tidak terlalu menanjak.

Para wisatawan kerap berhenti di tingkat kedua air terjun sebagai lokasi beristirahat.

Dari tingkatan kedua, Anda akan menemukan air terjun tingkat ketiga terpisah sejauh 400 meter. Meski jaraknya tak terlalu jauh, tetapi waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke air terjun tingkat ketiga cukup lama, kurang lebih 30 sampai 40 menit. Alasannya, karena jalur menuju ke sana cukup curam dan licin.

Air terjun ketiga yang ada di Air Terjun Lubuk Hitam memiliki ukuran paling tinggi, mencapai 20 meter. Saat berada di sini, Anda bakal mendapati pemandangan berupa bias pelangi yang muncul ketika percikan air terjun terkena paparan sinar matahari. Sebagai tambahan, air yang ada di sini juga terasa segar dengan suara gemericik yang menenangkan.

Di kejauhan, wisatawan juga bisa menemukan pemandangan indah. Saat sampai di lokasi air terjun tingkat ketiga, Anda dapat menyaksikan Pelabuhan Bungus dengan disertai lautan biru di kejauhan.

Anda pun bisa menikmati panorama tersebut sambil bersantai dan bermain air.

Keberadaan Air Terjun Lubuk Hitam sebenarnya sudah diketahui sejak lama, tepatnya sekitar tahun 1981. Hanya saja, masyarakat menganggap tempat ini sebagai lokasi yang angker.

Apalagi, sempat ada pengunjung yang meninggal dunia karena terseret aliran air. Namun, pada tahun 2015, Air Terjun Lubuk Hitam kembali dimanfaatkan sebagai destinasi wisata dan bebas dikunjungi wisatawan.
Liburan Murah Meriah ke Air Terjun Lubuk Hitam Padang

Para pengunjung yang datang ke lokasi Air Terjun Lubuk Hitam hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp2.500 per orang. Akses transportasi dari Kota Padang menuju lokasi air terjun juga bisa didapatkan dengan sangat mudah. Jadi, tak sulit bagi para wisatawan untuk menyempatkan waktu singgah ke tempat wisata ini.

Keberadaan Air Terjun Lubuk Hitam bisa menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan saat liburan ke Padang. Apalagi, biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Padang juga tidak banyak. Anda bisa memperoleh tiket murah Wings Air ke Padang dengan memanfaatkan layanan pemesanan tiket dari aplikasi Airy.

Tiket pesawat yang dipesan lewat Airy terjamin aman dan jauh dari risiko penipuan. Apalagi, pihak Airy memberi layanan kemudahan bagi para pengguna aplikasinya kalau ingin mengajukan reschedule serta refund. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...