Begini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan pada Kasus Patah Tulang

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Patah tulang menjadi hal yang cukup membahayakan. Anda bisa melakukan pertolongan pertama sebelum pasien dibawa ke rumah sakit.

Spesialis Ortopedi, Rumah Sakit Haji, dr Helmiyadi Kuswardhana MKes SpOT mengatakan, ada dua macam patah tulang. Terbuka dan tertutup. Pada kasus patah tulang, sebelum penanganan kenali dahulu gejalanya. Pertama akan muncul gejala nyeri. Selain itu, ada kelainan bentuk yakni terjadinya rotasi atau bengkok pada tangan atau kaki, dan tulang menjadi pendek sebelah diakibatkan tarikan otot. Juga terjadi bengkak dan memar. Beberapa kasus, patah tulang juga adanya tulang yang keluar.

Pada kasus tulang keluar, tutupi dengan kain kasa. Lalu, kembalikan posisi tangan atau kaki yang patah ke posisi anatomisnya atau posisi normalnya. Cari benda keras di sekitar seperti kayu, batang pohon atau kardus yang dilipat, kemudian pasang di atas tulang yang patah. Prinsipnya letakkan melewati dua sendi.

Di tonjolan tulang, berikan kain agar kayu tak menggesek ke area yang patah. Gesekan yang dalam akan membuat luka pada kulit. Ikatlah benda yang sudah dipasang di atas bagian yang patah namun jangan terlalu kencang, karena dapat membuat darah tidak mengalir sehingga jaringan di area patahan akan mati. Jangan pula terlalu longgar, karena hanya akan membuat mobilisasi di area yang patah.“Tujuanya dipasang untuk mengurangi nyerinya. Kedua, mengurangi mobilisasi atau pergerakan. Ketiga, mencegah kerusakan jaringan lebih lanjut dan mempermudah transportasi,” ungkap Owner Klinik HK Medical Center ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...