Ismail Hadisoebroto Dilogo, Mahaguru Ortopedi dan Begawan Sel Punca dari Indonesia

Prof Dr Dokter Ismail Hadisoebroto Dilogo SpOT(K)

Di Indonesia, masih jarang dokter spesialis ortopedi yang juga memahami sel punca. Prof Dr dr Ismail Hadisoebroto Dilogo SpOT(K) adalah pengecualian. Suami dari dokter Juni Tjahjati ini merupakan salah satu pakar yang berhasil memadukan keduanya, sehingga dapat diaplikasikan langsung ke pasien.

Dokter Ismail, begitu ia kerapkali disapa pasien dan murid-muridnya, tertarik menekuni ortopedi dan sel punca, karena proses yang dialaminya saat berkuliah. Pria penyuka pecel, ikan, dan steak ini merasa senang dan menikmati ilmu ortopedi. Ilmu ortopedi dan stem sel sangatlah berkaitan, terutama dalam hal teknik jaringan, seperti bone graft dan bone transport, di mana dalam menatalaksana beberapa kasus ortopedi masih banyak terdapat keterbatasan.

Beberapa kasus ortopedi tidak dapat diselesaikan dengan sempurna menggunakan metode terapi saat ini, dan terdapat banyak komplikasi. Diharapkan dengan penggunaan stem sel ini, tatalaksana berbagai kasus ortopedi tersebut dapat dilakukan dengan, tepat cepat, dan baik, serta dapat meminimalkan komplikasi yang mungkin terjadi.

Ortopedi dan stem sel ini sangat prospektif. "Sel punca sangat mendukung kemajuan ilmu ortopedi. Prinsip tatalaksana ortopedi yang saat ini, dalam hal regenerasi, reparasi, dan replacement, menggunakan logam atau bahan metal lainnya sehingga hanya mencakup prinsip mekanikanya saja, akan diarahkan ke tatalaksana dengan prinsip biologis menggunakan teknik stem sel.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...