Kanker Ria Irawan yang Disangka Sudah Musnah, Ternyata hanya Tidur

Kamis, 14 November 2019 08:26

FAJAR.CO.ID– Aktris Ria Irawan masih bertarung dengan kanker getah bening yang sudah menyerangnya sejak tahun 2014. Sebetulnya kanker itu sudah dinyatakan bersih sejak awal tahun 2019. Namun belakangan dikabarkan kanker itu kembali menggerogoti tubuh artis yang populer di era 1980-1990-an itu.

Salah satu jenis kanker tersebut bernama Limfoma Hodgkin (LH). Kanker ini biasanya menyerang kelenjar getah bening yang terletak di leher dan kepala.

Pasien kanker Limfoma Hodgkin mempunyai harapan kesembuhan yang cukup tinggi hingga mencapai 80 persen dengan pengobatan yang tersedia. Namun, dari penelitian, tiga dari total 10 pasien kanker ini akan mengalami kekambuhan pada tahun pertama sehingga membutuhkan pengobatan yang lebih agresif namun tetap aman. Ria Irawan adalah salah satu orang yang harus kembali memerangi kankernya yang kambuh.

“Sebanyak 80 persen kanker kelenjar getah bening merupakan limfoma non hodgkin, sementara 20 persennya adalah hodgkin,” kata Ketua Perhimpunan Hematologi dan Transfusi Darah Indonesia (PHTDI) dr. Tubagus Djumhana A, Sp.PD-KHOM, FINASIM, dalam diskusi di Jakarta, Rabu (13/11).

Kedua jenis kanker itu disebabkan oleh sel kanker yang menyerang sel darah putih di kelenjar getah bening. Letaknya bisa di kepala, leher, ketiak, tulang selangka dan paha.

Untuk kasus Ria Irawan, ia mengalami kekambuhan pada kelenjar getah bening. Itu karena sel kanker yang sempat disangka sudah musnah ternyata hanya tidur dan tidak mati sepenuhnya.

Bagikan berita ini:
5
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar