Menkopolhukam Mahfud MD Beber 4 Tugas Penting Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo menunjuk Mohammad Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Dia menjadi sipil murni pertama yang dipercaya menduduki posisi tersebut, padahal sebelumnya posisi ini selalu diisi oleh sipil yang berlatar belakang purnawirawan TNI.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga diamanatkan empat tugas penting, meningkatkan indeks persepsi hukum, serta mengomando kementerian dan menyusun aturan omnibus law. Kepada JawaPos.com (grup fajar.co.id), Mahfud blak-blakan terkait tugas yang diembannya, berikut kutipan wawancara di kantornya pada Rabu (13/11) malam.

Ketika dipanggil dan dipilih oleh Presiden menjadi Menko Polhukam. Apakah Presiden sempat menjelaskan kenapa anda dipilih, menjadi orang pertama dan sejauh ini satu-satunya sipil murni yang diamanati sebagai Menko Polhukam?

Pak Jokowi enggak nyebut, mempertentangkan sipil militer. Saya sendiri baru sadar sudah dapat pesan melalui aplikasi WhatsApp dari Pak Hendro (A. M. Hendropriyono). Pak Jokowi itu hanya menyebut tugas yang diembankan kepada saya itu. Dibuat dalam garis besar itu ada empat.

Apa saja empat tugas tersebut?

Satu persoalan indeks persepsi hukum. Kita berdasar hasil survei itu 49 (persen), enggak sampai 50 (persen). Lalu yang kedua penegakan hukum. Terutama di bidang hukum pemberantasan korupsi. Itu supaya ditingkatkan. Komitmennya Pak Jokowi itu tetap memperkuat pemberantasan korupsi. Bahkan dulu pernah bilang ke saya bahwa sebenarnya dia menginginkan pemberantas korupsi itu satu-satunya ya KPK.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah+Umar


Comment

Loading...