Preview Portugal vs Lithuania: Tanda Tanya Ronaldo

0 Komentar

Latihan timnas Portugal/FPF

FAJAR.CO.ID, ALGARVE—Portugal membutuhkan kemenangan saat menjamu Lithuania untuk menjaga peluang lolos langsung ke putaran final EURO 2020. Sayangnya, Cristiano Ronaldo yang diharap memimpin misi ini dalam kondisi meragukan.

RONALDO dalam dua pertandingan terakhir di level klub tidak menyelesaikan pertandingan. Bahkan, sebelum kembali ke negaranya, ia hanya bermain selama 55 menit saat Juventus menghadapi AC Milan di Serie A.

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri menyebut Ronaldo saat ini mengalami masalah pada lututnya. Sang allenatore bahkan menyebut sang superstar menggunakan obat pereda sakit pada pertandingan terakhirnya.

Teka-teki soal kesiapan peraih lima gelar Ballon d’Or itu bermain di Stadion Algarve, dinihari nanti juga bisa terbaca dari keputusan Pelatih Portugal, Fernando Santos memanggil tiga striker lain untuk laga matchday ketujuh Grup B ini.

Ketiga penyerang yang dipanggil yakni Andre Silva, Goncalo Paciencia, dan pahlawan kemenangan Portugal di final Piala Eropa 2016, Eder. Pemanggilan tiga striker ini adalah yang pertama kali dalam kualifikasi Piala Eropa 2020 ini.

Selain karena mereka wajib memenangi dua pertandingan terakhir untuk bisa lolos langsung mendampingi Ukraina, itu juga menjadi indikasi kuat bahwa kebugaran Ronaldo masih menyisakan tanda tanya besar.

Dan kalau memang Ronaldo mesti beristirahat di salah satu laga penentuan ini, menghadapi Lithuania adalah momen yang paling memungkinkan. Selain akan bermain di kandang, sang lawan juga merupakan juru kunci grup dan diprediksi tidak akan menyulitkan Portugal.


Goncalo Paciencia sendiri menegaskan kesiapannya mengambialih tugas CR7 di lini serang Portugal. “Fokus saya selalu pada pekerjaan, membantu tim saya. Salah satu alasan mengapa saya di sini adalah karena saya telah mencetak gol dan bermain dengan baik,” tegasnya di situs resmi FPF.

Ia mengatakan, semua pemain yang datang ke timnas harus punya ambisi. “Kita semua harus ambisius. Tentu saja bahwa itu adalah mimpi untuk selalu mewakili Portugal, di mana pun kita berada. Yang paling penting sekarang adalah dua pertandingan ini dan untuk memenangkannya,” katanya.

Portugal yang bisa langsung lolos jika mengalahkan Lithuania dan Serbia tidak bisa menekuk Luksemburg juga tidak akan bisa menggunakan jasa Joao Mario. Sang gelandang tidak bisa bermain melawan Lithuania dan Luksemburg akibat cedera.

Walaupun kondisi Ronaldo yang mencetak quattrick di pertemuan pertama masih menjadi misteri, pelatih kepala Lithuania, Valdas Urbonas menegaskan, mereka harus siap menderita di Portugal. Menurutnya, tuan rumah pasti akan menggempur mereka habis-habisan dan pemainnya harus fokus dan bertahan dengan baik.

“Kita tidak hanya harus fokus pada Ronaldo. Kita harus memperbaiki cara bertahan. Kami harus memahami bahwa di Portugal kami tidak akan bisa mendominasi, jadi kami harus sabar, disiplin dan fokus sepanjang pertandingan,” katanya di LRT.lt.

Untuk pertandingan ini, Lithuania yang baru mengoleksi satu angka akan kehilangan Arturas Zulpa dan Modestas Vorobjov karena cedera. Itu menurut Valdas Urbonas membuat mereka semakin kesulitan untuk mempersiapkan laga ini.

“Kami tidak punya banyak waktu untuk persiapan. Kami hanya memiliki satu sesi latihan sebelum penerbangan. Beberapa pemain bermain pada hari Jumat dan beberapa bermain pada hari Sabtu, jadi kita perlu menemukan solusi,” jelasnya.

Gelandang Lithuania, Mantas Kuklys menambahkan, menghadapi Portugal, mereka harus tampil berani. “Yang utama jangan takut bermain. Jika kita mundur dan membiarkan mereka mengontrol bola dengan mudah, itu akan sangat sulit. Mereka memiliki banyak pemain dengan keterampilan tinggi yang dapat memanfaatkan kesalahan kami,” ujarnya. (amr)

Prakiraan Pemain

Portugal (4-4-2): Rui Patricio; Ricardo Pereira, Ruben Dias, Jose Fonte, Guerreiro; Ruben Neves, Joao Moutinho, Bruno Fernandes, Bernardo Silva; Andre Silva, Goncalo Paciencia

Lituania (4-2-3-1): Cerniauskas; Mikoliunas, Girdvainis, Klimavicius, Baravykas; Kuklys, Simkus; Lasickas, Kazlauskas, Verbickas; Deivydas Matulevicius


Head to head

10/09/19 Lithuania 1-5 Portugal
05/06/04 Portugal 4-1 Lithuania
16/08/00 Portugal 5-1 Lithuania
Lima pertandingan terakhir Portugal
14/10/19 Ukraina 2-1 Portugal
11/10/19 Portugal 3-0 Luksemburg
10/09/19 Lithuania 1-5 Portugal
07/09/19 Serbia 2-4 Portugal
09/06/19 Portugal 1-0 Belanda

Lima pertandingan terakhir Lithuania
14/10/19 Lithuania 1-2 Serbia

11/10/19 Ukraina 2-0 Lithuania
10/09/19 Lithuania 1-5 Portugal
07/09/19 Lithuania 0-3 Ukraina
10/06/19 Serbia 4-1 Lithuania

KAMUS LOLOS

Portugal akan lolos jika mereka menang melawan Lithuania dan Serbia tidak mengalahkan Luksemburg.

Lithuania tidak bisa lagi lolos melalui penyisihan grup Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...