Preview Prancis vs Moldova: Deschamps Santai

0 Komentar

Didier Deschamps/AFP

FAJAR.CO.ID, PARIS—Prancis membidik tiga poin melawan Moldova di matchday kesembilan Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020, dinihari nanti untuk memastikan tempat mereka di putaran final. Meski ada masalah di lini serang, Les Bleus cukup rileks menghadapi laga ini.

Selain akan bermain di Stade de France di Paris, Moldova jelas bukan tandingan anak asuh Didier Deschamps. Sejauh ini, mereka hanya meraih satu kemenangan dari delapan pertandingan di kualifikasi dan tak punya lagi peluang untuk lolos langsung ke EURO 2020.

Prancis sendiri saat ini berada di urutan kedua Grup H. Dengan poin 19, mereka hanya kalah selisih gol dari Turki dan unggul empat angka di atas negara peringkat ketiga, Islandia. Karena Turki dan Islandia saling bertemu, dinihari nanti, kemenangan secara otomatis menjadi tiket Prancis meski mereka masih harus melakukan perjalanan ke Albania, awal pekan depan.

Dengan satu kaki sudah di putaran final, Deschamps tidak merasa membutuhkan tambahan kekuatan baru, khususnya di lini serang dimana Karim Benzema dan Anthony Martial disarankan untuk dipertimbangkan. Bagi kapten Prancis di Piala Dunia 1998 itu, Olivier Giroud dan Antoine Griezmann akan tetap menjadi tumpuan Prancis kendati kesulitan di level klub.

“Jika dia (Giroud) yang paling sering saya gunakan, jangan lupa rasio pertandingan dan golnya. Tidak banyak yang mengunggulinya dalam hal gol dalam sejarah tim Prancis. Dia melakukan hal yang benar, mereka menjawab kepercayaan,” kata Deschamps dikutip dari Tribal Football.

Hal sama juga berlaku untuk Griezmann. Bagi Deschamps, kegagalan sang bomber menunjukkan performa terbaik di Barcelona adalah hal lumrah. Alasannya, ia butuh beradaptasi dengan gaya bermain dan posisi barunya di Camp Nou.

“Dia ditempatkan di posisi yang berbeda dari yang dia sering lakukan di Prancis. Tapi, bahkan ketika dia tidak bagus, dia selalu positif untuk tim. Bersama kami, ini adalah situasi yang berbeda, posisi yang berbeda, ia dapat bermain di posisi terbaiknya di mana saya menempatkannya sejak lama, peran yang sangat penting dalam cara kita bermain,” tegasnya di Bleacher Report.

Selain percaya pada kemampuan Giroud dan Griezmann, Deschamps juga tidak terlalu ragu lantaran Kylian Mbappe sudah kembali ke dalam skuat. Sebelumnya, penyerang Paris saint Germain (PSG) tersebut absen di dua pertandingan Prancis akibat cedera bersama klubnya.

Namun, Deschamps tidak boleh terlalu meremehkan tamunya. Pasalnya, Moldova datang ke Paris dengan tekad merepotkan tuan rumah. Pelatih Moldova, Engin Fırat bahkan menegaskan anak asuhnya siap meladeni Prancis. “Kita harus bertarung melawan Prancis hingga menit terakhir,” katanya di Haber3.

Sang pelatih mengklaim, kondisi para pemainnya sangat bagus jelang laga ini. “Anak-anak tampak lebih nyaman dalam pertemuan teknis kedua. Suasana di tim bagus. Pertandingan ini untuk menunjukkan karakter dan bertarung hingga menit terakhir adalah hal penting. Kami harus percaya mereka. Mereka mewakili Moldova dan mereka membutuhkan dukungan kami,” tandasnya.

Paul Pogba masih akan absen membela Prancis. Demikian juga dengan Aymeric Laporte, Blaise Matuidi, Lucas Hernandez dan Hugo Lloris. Untuk menutupi absennya Lucas di sektor bek kiri, Deschamps memanggil Dubois. Sementara Tanguy Ndombele akan disiapkan bersama Corentin Tolisso di lini tengah.


Tim tamu sementara itu telah memasukkan empat pemain baru untuk laga ini. Namun, negara Eropa Timur itu tetap tanpa kapten Alexandru Epureanu di lini belakang. Igor Armas sendiri sudah bisa bermain kembali bersama bek kiri yang menjanjikan, Pacos de Ferreira Oleg Reabciuk. (amr)

Prakiraan Pemain

Prancis (4-2-3-1): Mandanda; Pavard, Lenglet, Varane, Dubois; Tolisso, Ndombele; Mbappe, Griezmann, Coman; Ben Yedder

Moldova (5-4-1): Koselev; Graur, Posmac, Platica, Armas, Reabciuk; Ginsari, Carp, Cojocari, Ionita; Sidorenco

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...