Tak Semua Benjolan Pasti Gejala Kanker Limfoma Hodgkin

Ilustrasi seseorang mengalami benjolan di leher (Boldsky)

FAJAR.CO.ID,Setiap orang umumnya punya persepsi dan ketakutan tersendiri ketika menemukan benjolan pada tubuhnya terutama di daerah leher. Sebagian sudah paranoid dan memvonis diri mengidap kanker. Padahal tak semua benjolan adalah tanda-tanda kanker.

Saat membahas seputar penyakit kanker Limfoma Hodgkin yang umum menyerang kelenjar getah bening di leher dan kepala, Rabu (13/11), Ketua Perhimpunan Hematologi dan Transfusi Darah Indonesia (PHTDI) dr. Tubagus Djumhana A, Sp.PD-KHOM, FINASIM, menegaskan benjolan atau tumor tidak selalu kanker. “Beda-beda ya. Benjolan itu banyak jenisnya. Ada tumor, tumor itu getah bening letaknya ada di permukaan tubuh kita dan dan di dalam tubuh,” jelasnya.

Benjolan bisa dideteksi sendiri dengan meraba area leher. Benjolan kelenjar getah bening ada di depan dan belakang otot leher kanan dan kiri. Kemudian bisa juga di bawah dagu dan di bawah rahang.

“Ada juga yang dekat tulang mengarah ke arah dada. Kalau mau periksa, miringkan lehernya ke kiri dan kanan. Awalnya kalau kecil diraba misalnya di belakang telinga bisa terasa. Tapi kalau benjolannya besar nggak usah diraba, sudah terlihat,” tuturnya.

Benjolan kelenjar getah bening atau Limfoma Hodgkin juga bisa muncul pada ketiak di bagian depan, belakang, dan atas area ketiak. Kemudian raba juga di area selangkangan yang mungkin saja bisa muncul.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...