Dosen FKM UMI Latih Pembuatan Lumpia Kentang Bergizi, Ini Resepnya

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Suharni, A Fachrin, Andi Nurlinda dan Alfina Baharuddin melakukan pelatihan pengolahan pangan kentang di Kelurahan Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan membuka peluang usaha kreatif dari para petani kentang dalam memproduksi pangan olahan berbahan Dasar Kentang sehingga dapat berkembang menjadi suatu usaha industri khususnya di daerah Kel Bulutana. Sebagai salah satu desa penghasil kentang yang cukup potensial di daerah Gowa maka produk variasi olahan kentang ex snack kentang menjadi terbuka luas peluang peningkatan pendapatan masyarakat.

Pada umumnya kebutuhan energi, protein, dan karbohidrat dapat dipenuhi dai makanan pokok yang meliputi makan pagi, siang dan malam. Namun pada beberapa kasus, kebutuhan tersebut tidak didapatkan pada saat-saat tersebut dengan berbagai faktor.

Untuk itu, guna memenuhi kecukupan energi, protein, lemak dan karbohidrat pada susunan menu keluarga salah satu upaya yang dapat ditempuh dengan menambahkan snack sebagai makanan selingan pada susunan hidangan keluarga. Snack yang disajikan tentu saja harus sehat, aman, dan dapat menyuplai kebutuhan gizi keluarga.

Variasi dan kerativitas dalam penyajiannya bahan makanan yang tidak sikuai tersebut menjadi aneka snack sebagai makanan selingan diantara jam makan merupakan alternatif terbaik karena biasanya orang-orang lebih menyukainya dalam bentuk cemilan seperti lumpia kentang dan keripik kentang.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR