MoU dengan Dekranasda, Ini Langkah Kanwil Kemenkumham Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), sepakat fasilitasi permohonan kekayaan intelektual melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU), pada kegiatan Pameran Industri Kecil Menengah (IKM) Expo Tahun 2019 di Mall Nipah Makassar yang diselenggarakan, Rabu lalu.

Melalui MoU ini, Kanwil Sulsel akan membangun jaringan kerja (network) dengan pelaku perdangan elektronik (e-commerce). Ide ini muncul dari banyaknya produk yang telah mendapat perlindungan hukum di bidang Kekayaan Intelektual (KI) dan terdaftar Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tetapi belum mendapatkan manfaat yang signifikan.

Kanwil Kemenkumham ke depan akan melakukan langkah-langkah pendampingan terhadap IKM dalam hal promosi, pemasaran, dan penjualan. Rencananya, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan dilakukan pendampingan pemasaran di aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, blibli.com, dan sebagainya.

Menurut Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Sri Yuliani dorongan Kanwil Kemenkumham berkolaborasi dengan Pemprov Sulsel terhadap IKM-IKM, menjadi peluang besar dan menjadi salah satu strategi untuk dapat meningkatkan produktivitas dan pemasaran produk di Wilayah Sulawesi Selatan.

Pada saat yang sama, Ditandatangani juga penandatanganan MoU anatara Kanwil Kementereian Agama dengan Dekranasda Sulawesi Selatan terkait sertifikasi halal. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Para Bupati / Walikota, Ketua Tim Penggerak PKK/ Dekranasdar Kabupaten/Kota, dan Kepala Dinas yang menangani perindustrian Se-Sulawesi Selatan. (*/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...