Pendataan Nasional 2020, Pangkep Tuan Rumah Uji Coba Pendataan Keluarga

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Rancang akurasi data yang tepat dan terintegrasi untuk program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kabupaten Pangkep dipilih menjadi lokasi uji coba pendataan keluarga tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Pangkep, Andi Muliati mengatakan, sosialisasi uji coba pelaksanaan pendataan keluarga yang dilakukan di sembilan provinsi ini, sebagai bentuk persiapan sebelum melaksanakan kegiatan pendataan keluarga yang akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang.

“Kita persiapan uji coba sebelum pelaksanaan pendataan keluarga di tahun 2020. Ada sembilan provinsi yang melaksanakan uji coba ini. Salah satunya Sulawesi Selatan yang dilakukan uji coba di Kabupaten Pangkep. Pangkep dipilih karena memang mewakili daerah kawasan timur dan terdiri atas wilayah kepulauan,” paparnya.

Lajut dijelaskan, dipilihnya Pangkep untuk pelaksanaan uji coba pendataan keluarga tingkat provinsi ini, untuk melihat karakteristik masyarakatnya, utamanya yang berada di kepulauan.

Senada dengan itu, Kabid Pengendalian Penduduk DPPKB Pangkep, Restu Trismulyani, menjelaskan, dari hasil uji coba yang dilakukan kali ini, diharapkan dapat menjadi masukkan pada saat pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2020 nantinya di Kabupaten Pangkep yang terdiri 13 Kecamatan dengan jumlah 90.515 KK.

Terpisah, Sekertaris DPPKB Pangkep, Herlina menerangkan, DPPKB Pangkep dalam kesiapannya terkait pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2020, pihaknya terus melakukan sosialisasi bagi kader.

“Kita aktif sosialisasi untuk persiapan pendataan, termasuk petugas lapangan bahkan keterlibatan kades dan lurah yang ada. Kita berharap dengan adanya pendataan keluarga di tahun 2020, dapat menghasilkan data yang akurat agar dapat dipergunakan untuk perencanaan pembangunan dimasa yang akan datang,” tambahnya, usai menggelar sosialisasi uji coba di Aula DPPKB Pangkep, Jumat (15/11/2019). (fit/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...