Preview Brasil vs Argentina: Dendam Messi Cs

0 Komentar

Lionel Messi/PA

FAJAR.CO.ID, RIYADH—Superclasico antara Brasil dan Argentina akan tersaji di King Saud University Stadium, Riyadh, dinihari nanti. Labelnya hanya persahabatan, namun gengsi pertaruhannya.

Argentina mungkin paling menantikan duel klasik Amerika Selatan ini. Pasca kekalahan menyakitkan di Copa America 2019, Juli lalu, La Albiceleste jelas menunggu momentum untuk membalas sakit hati mereka atas sang musuh bebuyutan.

Di semifinal Copa America tersebut, Lionel Messi dan kawan-kawan kalah 0-2 lewat gol Gabriel Jesus dan Roberto Firmino. Akan tetapi, sejumlah kejadian di lapangan membuat kubu Argentina tak bisa menerima kekalahan.

Bahkan, Messi sendiri yang memimpin reaksi protes kubu Argentina. Ia menuduh CONMEBOL sengaja memuluskan langkah Brasil menjadi kampiun. Akibat komentar pedasnya, termasuk tuduhan korupsi, kapten Argentina mendapat sanksi larangan bermain tiga bulan.

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, mempertegas adanya bara panas dari Copa America yang akan membumbui pertandingan ini. Berbicara terkait laga kontra Brasil minggu ini, ia menegaskan bahwa ini bukan laga uji coba. “Ini bukan pertandingan persahabatan saat kami bermain melawan Brasil,” tegasnya di Sport.

Scaloni yang sudah bisa memainkan Lionel Messi pun menegaskan kesiapan pasukannya membalas Brasil. “Seperti ketika kita bermain melawan Uruguay, itu adalah clasico. Itu adalah pertandingan yang sulit, tetapi kita siap untuk itu,” kata mantan pemain West Ham United tersebut.

Demi mewujudkan ambisinya mengalahkan Brasil, Scaloni dilaporkan menyiapkan kekuatan terbaik sejak awal. Messi yang melewatkan empat pertandingan Tim Tango akan dimainkan bersama Paulo Dybala dan Sergio Aguero yang tengah dalam performa bagus di level klub.

Tapi, Brasil yang melewatkan empat laga terakhir tanpa kemenangan sepertinya sangat siap meladeni rivalnya. Itu bisa dilihat dari persiapan mereka menyongsong laga ini. Pelatih Brasil, Tite menggelar latihan tertutup untuk menyembunyikan strateginya. Para awak media hanya diberi kesempatan mengambil gambar di sesi pemanasan.

Meskipun demikian, sang pelatih menegaskan bahwa tidak akan ada kejutan dalam starting eleven yang ia siapkan menghadapi Argentina. Dengan begitu, nama-nama seperti Casemiro, Jesus, Firmino, hingga Philippe Coutinho hampir pasti menjadi starter.

Walau Tite minim komentar, Jesus mewakili Brasil memanaskan situasi. Ia menegaskan, ini adalah pertandingan istimewa dan penyerang Manchester City tersebut mengatakan mereka akan berusaha mengalahkan Argentina sebagaimana yang mereka lakukan di Copa America lalu.

“Pertandingan Argentina adalah pertandingan derby. Itu adalah persaingan besar. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami berdua. Tetapi tentu saja saya ingin menang karena ini adalah derby, istimewa untuk memenangkan pertandingan ini,” tegasnya di Sport360.

Neymar akan absen di laga ini karena cedera, tetapi Jesus memastikan mereka masih bisa merepotkan Argentina. Saat berduel di semifinal Copa America, Neymar juga tidak terlibat dalam pertandingan. “Brasil memiliki banyak pemain besar, bukan hanya Neymar,” ujarnya.

Winger Brasil, Willian sementara itu menekankan bagaimana petingnya mereka mengunci Messi di pertandingan ini. “Kita harus membatasi ruang geraknya. Tapi kita tidak bisa memarking dia. Yang harus kita lakukan adalah bekerja bersama menutup ruang untuknya. Yang terpenting, kita tidak bisa membiarkan dia punya waktu untuk berpikir,” kata Willian.

Pemain Chelsea itu mengakui Messi adalah pemain yang sulit untuk dikendalikan di lapangan. Namun, ia tak ragu dengan rekan-rekannya yang sudah beberapa kali menghadapinya. “Dia pemain hebat. Yang terbaik di dunia. Tapi kami pernah menghadapi Argentina di masa lalu dan kali ini tidak akan berbeda,” tandasnya. (amr)

Prakiraan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Casemiro, Arthur; Jesus, Coutinho, Rodrygo; Firmino
Argentina (4-3-3): Andrada; Foyth, Pazzella, Otamendi, Tagliafico; Lo Celso, Paredes, De Paul; Messi, Dybala, Aguero

Head to head
03/07/19 Brasil 2-0 Argentina
16/10/18 Brasil 1-0 Argentina
09/06/17 Argentina 1-0 Brasil

11/11/16 Brasil 3-0 Argentina
14/11/15 Argentina 1-1 Brasil

Lima pertandingan terakhir Brasil

13/10/19 Brazil 1-1 Nigeria
10/10/19 Brazil 1-1 Senegal
11/09/19 Brasil 0-1 Peru
10/09/19 Brasil 2-2 Kolombia
07/07/19 Brasil 3-1 Peru

Lima pertandingan terakhir Argentina
13/10/19 Ekuador 1-6 Argentina
09/10/19 Jerman 2-2 Argentina
11/09/19 Argentina 4-0 Meksiko
06/09/19 Cile 0-0 Argentina
06/07/19 Argentina 2-1 Cile

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...