Preview Rumania vs Swedia: Hidup Mati Tuan Rumah

0 Komentar

Cosmin Contra/EFE

BUCHAREST, FAJAR—Rumania akan menjamu Swedia di matchday kesembilan Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020. Ini laga hidup mati bagi kedua negara dalam perburuan tiket putaran final EURO 2020.

KEDUA negara saat ini bersaing ketat untuk mendampingi Spanyol yang sudah mengunci tiket di laga sebelumnya. Swedia yang kini di posisi kedua dengan poin 15, hanya unggul satu angka di atas Rumania yang menempati peringkat ketiga.

Karena itu, hasil pertandingan ini akan sangat penting artinya bagi kedua negara. Khususnya tuan rumah, Rumania. Anak asuh Cosmin Contra wajib memenangi duel penting ini untuk menjaga peluang mendampingi Spanyol.

Kalau sampai kalah di pertandingan ini, secara otomatis Rumania akan tersingkir dalam persaingan dan Swedia menjadi penamping Spanyol. Sementara hasil imbang tidak menjadi hasil lebih baik. Pasalnya, Swedia hanya akan menjamu Kepulauan Faroe di matchday ke-10 saat mereka harus menantang Spanyol di Madrid.

Tanpa bomber andalannya, Florin Andone, ini jelas akan menjadi pekerjaan berat bagi tuan rumah. Kendati begitu, Cosmin Contra mencoba bersikap positif. Menurutnya, dalam sepak bola, tidak ada yang mustahil.

“Jika kita memiliki sikap yang sama seperti pada pertandingan kontra Norwegia dan lebih bagus pada tahap menyerang untuk mencetak lebih banyak gol, jelas bahwa kita bisa memenangkan pertandingan ini tanpa masalah,” katanya di Hot News.

Cosmin Contra mengakui bahwa Swedia kini di atas angin karena menurutnya tim tamu memang bermain lebih kompak dan jauh lebih kuat. “Tapi saya sangat percaya pada anak-anak bahwa kami dapat lolos ke Piala Eropa,” tegasnya.

“Kami hanya membutuhkan sihir dari semua pemain. Pada tahap defensif, kami harus bermain dengan sempurna. Jadi dari sudut pandang ini kami semua harus menjadi pesulap saat memasuki lapangan,” tandasnya.

Bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya di Arena Nasional, Bucharest, dinihari nanti, Pelatih Swedia, Janne Andersson sangat percaya diri. “Kami masih memegang kemudi dan memiliki segalanya di tangan kami sendiri,” kata Andersson di Fotbollskanalen.

Sang pelatih pun tidak harus membuat perubahan untuk laga ini. Marcus Berg dan Robin Quaison kemungkinan besar tetap menjadi pilihan di lini serang. Namun, kalau dibutuhkan, penyerang berusia 20 tahun, Alexander Isak siap turun tangan membantu negaranya.

“Sama seperti sebelumnya. Saya merasa bahwa saya telah melakukan pekerjaan dengan baik dan saya melakukannya dengan baik di sesi latihan. Jelas ada peluang. Tapi, Janne mengeluarkan tim yang menurutnya yang terbaik. Tidak diperlukan penjelasan besar,” ujarnya.

Ini akan menjadi pertemuan ke-12 bagi kedua negara. Di 11 duel terdahulu, Swedia memenangi lima pertandingan dan kalah tiga kali. Pada pertemuan terakhir atau yang pertama di Grup F, Swedia menang 2-1 atas Rumania. (amr)

Prakiraan Pemain

Rumania (4-2-3-1): Tatarusanu; Bancu, Nedelcearu, Chiriches, Benzar; Marin, Stanciu; Hagi, Deac, Coman; Puscas

Swedia (4-4-2): Olsen; Lustig, Lindelöf, Granqvist, Bengtsson; Larsson, Olsson, Ekdal, Forsberg; Quaison, Berg

Head to head

23/03/19 Swedia 2-1 Rumania

27/03/18 Rumania 1-0 Swedia

09/02/97 Sweden 2-0 Rumania

10/07/94 Rumania 2-2 Swedia

12/06/94 Swedia 1-1 Rumania

Lima pertandingan terakhir Rumania
10/16/19 Rumania 1-1 Norwegia
13/10/19 Kepulauan Faroe 0-3 Rumania
09/09/19 Rumania 1-0 Malta
06/09/19 Rumania 1-2 Spanyol
11/06/19 Malta 0-4 Rumania
Lima pertandingan terakhir Swedia
10/16/19 Swedia 1-1 Spanyol
13/10/19 Malta 0-4 Swedia
09/09/19 Swedia 1-1 Norwegia
06/09/19 Kepulauan Faroe 0-4 Swedia
11/06/19 Spanyol 3-0 Swedia

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...