Aung San Suu Kyi Digugat Warga Rohingya

0 Komentar

Aung San Suu Kyi digugat warga Rohingya (Nyein Chan Naing/EPA)

 FAJAR.CO.ID– Aung San Suu Kyi dulu dianggap hebat. Dia dilabeli sebagai ikon demokrasi. Namun, kini penasihat negara Myanmar itu digugat. Dia tidak sendiri. Pemimpin militer Myanmar Min Aung Hlaing serta beberapa pemimpin politik dan militer Myanmar lain juga masuk dalam daftar tergugat.

Penggugatnya adalah warga Rohingya dan beberapa lembaga HAM Amerika Latin. Mereka ingin Suu Kyi dan para petinggi lainnya diadili karena mengancam eksistensi penduduk Rohingya.

Gugatan diajukan di Argentina di bawah prinsip yurisdiksi universal. Itulah konsep hukum yang memperbolehkan negara ataupun organisasi internasional untuk mengklaim yurisdiksi tanpa memandang tempat kejadian perkara (TKP), kewarganegaraan, dan tempat tinggal tersangka karena kejahatannya yang luar biasa.

”Gugatan ini diajukan untuk menjatuhkan sanksi terhadap pelaku, mereka yang terlibat dan menutupi aksi genosida (terhadap warga Rohingya, Red),” tegas pengacara Tomas Ojea sebagaimana dikutip Agence France-Presse pada Rabu (13/11). Dia berharap, dengan adanya gugatan tersebut, surat perintah penangkapan internasional bisa keluar.

Suu Kyi selama ini dikritik karena bungkam atas pembantaian penduduk Rohingya. Namun, baru kali ini penerima penghargaan Nobel Perdamaian itu digugat langsung. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...