Finlandia Lolos Pertama Kali ke Piala Eropa, Ini Kata Sang Pelatih, Markku Kanerva

Markku Kanerva meloloskan Finlandia ke Piala Eropa 2020/Matti Raivio / All Over Press

FAJAR.CO.ID, FINLANDIA—Finlandia untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Eropa. Itu setelah mereka mengalahkan Liechtenstein dengan skor 3-0 di pertandingan kesembilan Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020, hari ini.

Dengan hasil itu, Finlandia menjadi pendamping Italia di Grup J. Pasalnya, tambahan tiga angka ini membuat Finlandia mengumpulkan poin 18, unggul tujuh angka di atas peringkat ketiga, Yunani. Karena tersisa satu laga lagi, otomatis poin mereka tidak mungkin terkejar.

Keberhasilan ini mengakhiri upaya panjang yang mereka lakukan untuk bisa tampil di turnamen bergengsi. Seperti diketahui, Finlandia mengikuti kualifikasi sejak 1968. Sejak itu, total mereka terlibat dalam kualifikasi sebanyak 14 kali sebelum akhirnya bisa lolos ke putaran final.

Tidak mengherankan Pelatih Finlandia, Markku Kanerva begitu gembira dan bangga setelah berhasil menorehkan sejarah. “Saya benar-benar bangga dan bahagia untuk tim ini. Ini adalah presentasi matang dari kami. Para pemain bermain dengan hati yang besar,” katanya dikutip dari mtv uutiset.

Menurut Markku Kanerva, tiket ini mereka dedikasikan kepada almarhum, Pertti Alaja, mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Finlandia. “Kita harus ingat almarhum Pertti Alaja, presiden Asosiasi Sepak Bola, yang jelas ingin melihat ini,” ujar Kanerva.

Meski menulis sejarah sebagai pelatih pertama yang memimpin tim nasional ke Piala Eropa, dia tidak mau dianggap pahlawan seorang diri. Ia mengaku tersanjung, namun menurutnya ini dikerjakan bersama. Finlandia akan menutup rangkaian kualifikasi pada hari Senin menghadapi Yunani. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...