Kalahkan Jonatan, Anthony Ginting Susul Hendra/Ahsan ke Final Hong Kong Open 2019

0 Komentar

Anthony Sinisuka Ginting/Badminton Indonesia

FAJAR.CO.ID, HONG KONG— Anthony Sinisuka Ginting mengalahkan Jonatan Christie untuk melaju ke final sektor tunggal putra Hong Kong Open 2019. Bermain selama 81 menit, Ginting menang rubber game atas rekannya.

Pada pertandingan yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Sabtu, 16 November malam yang baru saja berakhir, Ginting memulai game pertama dengan sangat baik. Ia mencetak angka berturut-turut dan meninggalkan Jonatan hingga sepuluh angka di posisi skor 11-1 saat  interval pertama dengan waktu hanya lima menit.

Namun, Jonatan bangkit setelah istirahat. Ia mencetak angka berturut-turut juga hingga skor 12-16. Setelah itu, ia terus mengejar hingga mampu menyamakan kedudukan di poin 18-18. Kedua tunggal Indonesia itu kemudian bergantian mencetak angka hingga skor 20-20 dan terjadi setting poin.

Nasib baik memihak Anthony Ginting di setting poin ini. Ia mencetak dua angka beturut-turut untuk memenangkan game ini dengan skor 22-20. Pertandingan di set pertama ini berlangsung selama 28 menit.

Di set kedua, pertandingan lebih ketat sejak awal. Saling kejar mengejar poin sejak pukulan pertama. Namun, Jojo kemudian mampu unggul 11-9 saat jeda. Kembali ke lapangan, Jonatan mampu unggul enam angka setelah mencetak lima poin pertama pasca interval. Setelah itu, peraih emas Asian Games 2018 itu terus melejit dan menyelesaikan game kedua dengan skor 21-13.

Pada game penentuan, laga ketat berlanjut. Namun, meski sempat tertinggal Ginting akhirnya memenangi set ketiga ini dengan 21-18. Di final Ginting akan menghadapi wakil tuan rumah, Lee Cheuk Yiu. Pada semifinal pertang tadi, Lee Cheuk Yiu mengalahkan tunggal putra India, Kidambi Srikanth dua game langsung dengan skor 21-9 dan 25-23.

Ginting adalah wakil kedua Indonesia di final. Pasangan ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang tampil pertama lolos ke partai puncak dengan mengalahkan pasangan China LI Jun Hui/Liu Yu Chen dengan skor 21-13, 16-21, 21-16.

Besok, Hendra/Ahsan akan menghadapi wakil Korea, Choi Solgyu/Seo Sheung Jae. Di semifinal, Choi/Seo mengeliminasi wakil Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dua game langsung dengan skor 2-17 dan 21-19.

Indonesia masih berpeluang menambah wakil di final. Saat ini, ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja sementara bermain menghadapi  pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...