Komisi IX Kunjungi Makassar, Ashabul Kahfi: Jangan Bebani Rakyat Kecil

Sabtu, 16 November 2019 09:56

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Anggota DPR RI Ashabul Kahfi turut hadir dalam Kunjungan Spesifik Komisi IX ke Makassar. Kunjungan ini digelar untuk menyerap aspirasi para pemangku kepentingan (stakeholder) Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Makassar. Acara digelar di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Jl Perintis Kemerdekaan, Jumat, 16 November 2019.

Ditemui di sela acara, Ashabul Kahfi menegaskan bahwa pada prinsipnya Komisi IX senantiasa berpihak pada rakyat kecil. “Insyaallah kita masih terus berjuang, setidaknya sebelum kenaikan iuran berlaku pada Januari 2020. Jika pun terpaksa, Pemerintah tidak punya cara lain menutupi defisit, setidaknya iuran BPJS kelas 3 tidak mengalami kenaikan,” jelas legislator Fraksi PAN DPR RI ini.

Menurut Kahfi, Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto juga cukup responsif atas masukan Komisi IX. “Bahkan Menkes sudah bersurat ke Kementerian terkait, agar menunda kenaikan iuran BPJS kelas 3, atau jika tidak bisa dihindari, maka Pemerintah seharusnya memberi subsidi. Kita apresiasi niat baik dr. Terawan,” ungkapnya.

Hal yang penting dibenahi dalam perbaikan sistem jaminan kesehatan nasional, lanjut Kahfi, adalah data kepesertaan. Berdasarkan data BPS, jumlah kemiskinan terus menurun, anehnya peserta BPJS Kesehatan yang menikmati fasilitas program Penerima Bantuan Iuran (PBI) terus bertambah.

“Di rapat tadi, teman-teman dari Sarikat Rakyat Miskin menyampaikan bahwa masih banyak masyarakat miskin yang seharusnya berhak mendapatkan BPJS PBI, namun belum terdata. Artinya, salah satu PR besar BPJS bersama Kementerian Sosial adalah perbaikan data, agar program ini tepat sasaran,” kata Ketua DPW PAN Sulsel ini.

Bagikan:

Komentar