Preview Irlandia Utara vs Belanda: Momen Akhiri Trauma

0 Komentar

Latihan timnas Belanda/PA Images

FAJAR.CO.ID, BELFAST—Belanda siap mengakhiri trauma kegagalan mereka ke turnamen besar kala berkunjung ke Windsor Park, dinihari nanti. Satu poin kontra Irlandia Utara akan mengantar mereka ke Piala Eropa 2020.

PASCA Piala Dunia 2014, Belanda memang absen di dua turnamen bergengsi; Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Kegagalan itu membuat mereka seperti kehilangan status sebagai salah satu raksasa Eropa dan mesti gonta-ganti pelatih.

Namun, trauma kegagalan melewati babak kualifikasi itu bisa mereka hapus di matchday ketujuh Grup C saat mereka berhadapan dengan Irlandia Utara. Jika bisa mencuri minimal satu angka di Belfast, anak asuh Ronald Koeman akan melenggang ke Piala Eropa tahun depan.

Pastinya bukan tugas mudah. Meski menang 3-1 di pertemuan pertama, Irlandia Utara mampu memberikan perlawanan sengit. Selain itu, Irlandia Utara yang akan tampil di depan pendukung sendiri akan bertarung habis-habisan demi menjaga peluang mereka lolos langsung ke EURO 2020.

Hingga matchday ketujuh ini, Irlandia Utara tertahan di posisi ketiga dengan poin 12. Mereka terpaut tiga angka di belakang Belanda dan Jerman. Artinya, hanya kemenangan yang bisa menyambung napas mereka. Karena itu, tuan rumah akan mengeluarkan seluruh potensi mereka untuk membalas kekalahan dari Belanda.

Tak hanya ditunggu perlawanan spartan Irlandia Utara, Belanda di pertandingan ini juga kemungkinan besar tidak bisa memainkan bomber andalan mereka, Memphis Depay. Sang penyerang mengalami hamstring di klub dan diprediksi tidak akan pulih tepat waktu.

Itu jelas akan menjadi kehilangan besar bagi Koeman. Seperti diketahui, Memphis mencetak enam gol dan delapan assist dalam tujuh pertandingan internasional terakhirnya. Termasuk dua ke gawang Irlandia Utara di Rotterdam. Dan absennya Memphis akan membuat Irlandia Utara akan tampil lebih berani kendati Koeman masih punya Ryan Babel, Luuk de Jong, Wout Weghorst atau Myron Boadu.

Makanya, Koeman berharap-harap cemas menunggu Depay. “Tapi tidak jelas apakah dia akan bermain atau tidak. Mungkin dia tidak akan bermain menghadapi Irlandia Utara dan tiga hari kemudian Estonia. Kita harus melihat dan memutuskan,” kata Koeman di Footbal Oranje.

Koeman juga akan tanpa duet PSV Eindhoven, Donyell Malen dan Steven Bergwijn. Sementara Georginio Wijnaldum yang telah mencetak empat gol dalam tiga pertandingan tandang terakhir Belanda masih akan dilihat perkembangan terakhirnya setelah dikabarkan sakit.

Di pihak Irlandia Utara, pelatih Michael O’Neill mengakui bahwa tugas yang diemban anak asuhnya sangat berat. Walau akan bermain di depan pendukung sendiri, O’Neill yang baru saja memutuskan menerima jabatan baru sebagai Manajer Stoke City menyebut Belanda sebagai favorit.

“Belanda akan datang ke sini mengetahui jika mereka tidak kalah mereka akan lolos. Jadi mereka berada dalam posisi yang sangat kuat. Jadi, fokusnya sekarang adalah pada kinerja yang solid, mirip dengan saat melawan Jerman tetapi dengan hasil yang berbeda,” tegasnya di Belfast Live.

Kemenangan juga sebenarnya belum menjamin mereka bisa melenggang mulus. Itu karena di laga terakhir Irlandia Utara harus berkunjung ke Jerman. Namun, sang pelatih mengatakan, tugas pertama mereka adalah memenangi laga ini.

“Tujuannya adalah untuk membawa kampanye ini ke pertandingan terakhir. Kami ada di sana untuk mencoba dan mendapatkan hasil yang akan membantu kami. Dan jika tidak, maka posisi playoff terlihat cukup positif pada saat ini,” tandasnya.

Bek Irlandia Utara, Michael Smith menambahkan, mereka masih percaya pada kemungkinan finis di dua teratas Grup C. “Kami sama sekali belum membicarakan play-off ini, ini semata-mata tentang Belanda dan kemudian kami akan mengalihkan perhatian ke Jerman,” tegasnya di Irish News.

“Ini adalah tugas besar tetapi bukan tidak mungkin. Kami tahu kami harus memenangkan pertandingan. Kami tim tuan rumah, kami memiliki banyak orang di belakang kami dan kami harus melakukan itu, kami harus menang. Kami tidak diharapkan untuk mengalahkan Belanda tetapi kami adalah tim tuan rumah dan siapa yang tahu?” ujarnya.

Dalam tujuh pertemuan sebelumnya antara kedua negara, Irlandia Utara hanya menang satu kali. Selebihnya, mereka seri dua kali dan kalah empat kali. Satu-satunya kemenangan Irlandia Utara mereka dapat saat menekuk Belanda dengan skor 2-1 pada pada kualifikasi Piala Dunia FIFA 1966. (amr)

Prakiraan Pemain

Irlandia Utara (4-3-3): Peacock-Farrell; McLaughlin, Cathcart, J Evans, Dallas; McNair, Davis, Saville; C Evans, McGinn, Lafferty

Belanda (4-3-3): Cillessen; Veltman, Van Dijk, De Ligt, Blind; Van de Beek, Wijnaldum, F de Jong; Babel, L de Jong, Promes.

Head to head

10/10/19 Belanda 3-1 Irlandia Utara

02/06/12 Belanda 6-0 Irlandia Utara

12/10/77 Irlandia Utara 0-1 Belanda

13/10/76 Belanda 2-2 Irlandia Utara

07/04/65 Belanda 0-0 Irlandia Utara


Lima pertandingan terakhir Irlandia Utara
14/10/19 Republik Ceko 2-3 Irlandia Utara

10/10/19 Belanda 3-1 Irlandia Utara

09/09/19 Irlandia Utara 0-2 Jerman

05/09/19 Irlandia Utara 1-0 Luksemburg
12/06/19 Belarusia 0-1 Irlandia Utara
Lima pertandingan terakhir Belanda
13/10/19 Belarusia 1-2 Belanda

10/10/19 Belanda 3-1 Irlandia Utara

09/09/19 Estonia 0-4 Belanda06/09/19 Jerman 2-4 Belanda
10/06/19 Portugal 1-0 Belanda

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...