Student Exchange, Begini Kesibukan Delegasi Fisip Unhas

0 Komentar

Student Exchange mahasiswa Fisip Unhas

FAJAR.CO.ID, THAILAND — Program pertukaran pelajar yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Thaksin University di Songkhla Thailand.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga pekan, dimulai pada 6 november 2019. Kegiatan ini untuk selanjutnya akan dijadikan sebagai agenda tahunan.

Kesibukannya meliputi kuliah sit-in yang dilakukan oleh peserta dari Unhas di beberapa kelas yang diselenggarakan oleh Thaksin university. Thaksin University dan Unhas juga melakukan perbandingan penyelenggaraan pemerintahan serta pertukaran kebudayaan antar dua negara.

Kegiatan dimulai dengan pembahasan mengenai kerja sama yang telah dilakukan oleh pihak Fisip Unhas dan Thaksin University, serta pembicaraan mengenai potensi kerja sama yang dapat dilakukan dengan kapasitas yang lebih banyak dan lebih luas.

Pada Senin 11 November 2019 delegasi Fisip Unhas mengunjungi konsulat Republik Indonesia yang terletak di Songkhla bersama pelajar pertukaran lain dari Universitas Atmajaya yang berjumlah dua orang.

Kunjungan tersebut didampingi oleh Dr Dennis dan Miss Bhasrah Boonyariti selaku perwakilan dosen dari Thaksin University Thailand dengan tujuan melaporkan diri kepada pihak perwakilan dari pemerintah Indonesia yang ada di Thailand.

Dalam kunjungan tersebut delegasi Fisip Unhas melaporkan tujuan kedatangannya di Thailand, agenda agenda yang ada dalam kegiatan tersebut serta bercengkrama mengenai potensi-potensi yang dimiliki daerah-daerah di Indonesia dan juga hubungan kerja sama antara Thailand dan Indonesia di sektor kebudayaan, pendidikan, maupun ekonomi.

Ditengah kunjungan delegasi Fisip Unhas diminta untuk mengambil salah satu patung kecil yang memakai pakaian adat tradisional dari Sulawesi Selatan dan menjelaskan tentang pakaian adat tersebut, delegasi Fisip Unhas juga membawakan lagi Anging Mammiri untuk memperlihatkan sebagian dari kebudayaan Sulawesi Selatan.

Diakhir perjumpaan delegasi Fisip Unhas dan perwakilan dari Thaksin University menyempatkan berfoto didepan konsulat Republik Indonesia di Songkhla kemudian kembali ke Thaksin University.

Setelah itu delegasi Fisip Unhas menghadiri kelas “Budgetary Management” pada jam 16.00 dan setelahnya delegasi Fisip Unhas diajak untuk menyaksikan festival kebudayaan Thailand “Loy Khra tong Festival”.

Dalam kegiatan pertukaran pelajar ini juga diagenda pertukaran budaya yang dilakukan oleh delegasi Fisip Unhas berupa Cultural Performance yang merupakan bagian dari promosi budaya Indonesia khususnya Sulawesi Selatan kepada masyarakat global dalam hal ini masyarakat Thailand.

Ke depannya terdapat agenda seperti perspektif mengenai multiculturalisme yang ada di Thailand khususnya Thailand Selatan yang merupakan pembicaraan yang sangat relevan dengan kondisi Thailand yang memiliki banyak kebudayaan dengan berbagai kepercayaan. (ama)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...