Antrean Solar Mengular, Pertamina Bantah Stok Langka Tetapi Karena Ini

0 Komentar

Truk trailer mengantre solar di SPBU Jalan Ikan Dorang, Surabaya, Jumat (15/11). (Ahmad Khusaini/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID — Bahan bakar minyak (BBM) berjenis solar ditengarai sedang langka. Ketersediaannya masih belum terpenuhi. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh permintaan yang tinggi. Para pengemudi yang hendak mengisi tangki BBM pun dialihkan ke SPBU lain.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, hal itu dilakukan karena penggunaan solar di SPBU tersebut sangat tinggi. “Ya mungkin demand-nya meningkat di satu SPBU tersebut, pasti kan ya SPBU tersebut ya habis, makanya harus dialihkan ke SPBU yang lain,” tuturnya kepada JawaPos.com (grup FAJAR) di Jakarta, Minggu (17/11/2019).

Jika berbicara mengenai stok nasional, ketersediaan solar subsidi masih mencukupi hingga akhir tahun. Untuk yang mengalami kekurangan stok solar, pihaknya akan memberikan suplai tambahan ke SPBU tersebut.

“Kalau kita bicara secara nasional, stok itu sangat aman sekali, kita biasa menyalurkan sekitar 40 ribu kilo liter (kl) per hari dan sampai saat ini keandalan stok kita masih sangat mencukupi untuk angka segitu ya, rata-rata kita akan tingkatkan sekitar 20 persen,” terangnya.

Dia menambahkan, peningkatan pembelian solar memang biasa terjadi menjelang akhir tahun. Salah satunya adalah meningkatnya produksi di sektor industri menjelang libur akhir tahun.

“Ada pola kecenderungan peningkatan demand di akhir tahun, di bulan Desember industrinya turun tapi ritelnya yang meningkat karena misalnya kebutuhan rekreasi meningkat. Itu kan kita sudah tau pola-polanya dan dari sisi data yang kita miliki, tidak ada yang namanya itu kekurangan,” tutupnya. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...