5 Tips Sederhana agar Paru-paru Tetap Sehat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Polusi udara terus menjadi ancaman kesehatan global. Apalagi di tengah kualitas udara yang buruk, sejumlah penyakit juga menjadi ancaman serius seperti kanker paru-paru, stroke, bahkan termasuk pneumonia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa polusi udara merupakan faktor risiko utama terganggunya kesehatan paru-paru. Studi juga menyebutkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kualitas udara terburuk.

Dilansir dari Times Now News, Senin (18/11), setiap orang dapat dipengaruhi oleh udara yang tercemar. Cara utama untuk mencegah tentunya adalah dengan berhenti merokok dan sehatkan lingkungan dari asap.

Dalam rangka Bulan Kesadaran Kanker Paru setiap bulan November, hal senada diungkapkan Dokter Penyakit Dalam dari Fakuktas Kedokteran Universitas Indonesia/ Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) Divisi Respirologi dan Penyakit Kritis dr. Mira Yulianti, kepada JawaPos.com (grup fajar.co.id) baru-baru ini. Dia memberikan tips sederhana agar paru-paru kita tetap sehat:

Tidak Merokok dan Hindari Asap Rokok

Dalam laman Vital Strategies disebutkan risiko seseorang terkena kanker paru-paru akibat merokok tentu saja jauh lebih tinggi daripada risiko tinggal di kota dengan udara yang tercemar. Meskipun sebagian besar kasus kanker paru-paru adalah akibat dari merokok, namun ada 15 persen terjadi pada individu yang tidak pernah merokok.

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan latihan pernapasan, perbanyak konsumsi makanan mengandung antioksidan. Banyak makan buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan seperti apel, pisang, dan tomat.

Olahraga Teratur

Olahraga teratur baik untuk kesehatan paru-paru. Misalnya berenang, lari, aerobik, maupun aktivitas fisik seperti naik tangga dapat meningkatkan kapasitas paru.

Hindari Paparan Kimia

Hindari paparan lama terhadap zat-zat yang dapat merusak paru-paru seperti timbal, asbes, zat-zat kimia.

Gunakan Masker

Untuk perlindungan diri yang disarankan pakai masker N95, bukan masker tali biasa. Kurangi aktivitas di luar ruangan, perbaiki kualitas udara dalam ruangan. (jpg/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...