Di ADMM, Prabowo Subianto Ajak Bangun Asia Tenggara Kawasan Tangguh

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) Retreat, di Bangkok, Thailand, Minggu (17/11). (dok Kemenhan)

FAJAR.CO.ID, BANGKOK-- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Delegasi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat, di Bangkok, Thailand, Minggu (17/11). Acara ini dihadiri para menhan dari seluruh negara Association of Shouteast Asian Nation.

Pada kesempatan ini, Prabowo menyampaikan keinginannya memperkuat komitmen Indonesia untuk membangun kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan yang tangguh, aman, damai dan sejahtera serta disegani oleh kawasan lainnya. Menurut dia, negara Asia Tenggara mempunyai potensi kekayaan alam yang luar biasa, sehingga sejak dahulu selalu menjadi magnet kepentingan kekuatan global.

“Selain itu perairan ASEAN juga merupakan urat nadi transportasi dan perdagangan dunia,” ujar Prabowo dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Namun, kata Prabowo, potensi wilayah laut di Asia Tenggara akan sulit dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal jika tidak ada proteksi serta jaminan keamanan dan keselamatan dari masing-masing negara anggota ASEAN.

Prabowo juga menuturkan, di tengah situasi dunia internasional yang penuh dengan ketidakpastian, ASEAN harus tetap menjaga komitmen dan koneksitasnya bagi kesejahteraan bersama. Guna mewujudkan hal tersebut, ASEAN harus memiliki kerjasama yang tangguh dan dapat diandalkan, tidak mudah dicerai-berai oleh kepentingan sesaat serta perlunya memelihara komitmen terhadap piagam ASEAN.

“ASEAN tidak boleh terpecah belah dan terpolarisasi yang akan mengakibatkan konflik dan perpecahan. Indonesia secara tegas menentang invasi negara dalam bentuk apapun dan di wilayah negara manapun khususnya di Asia tenggara,” kata Prabowo.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...