Di ADMM, Prabowo Subianto Ajak Bangun Asia Tenggara Kawasan Tangguh

Senin, 18 November 2019 10:22

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) Retreat, di Bangkok, Thailand, Minggu (17/11). (dok Kemenhan)

Termasuk, lanjutnya, permasalahan Laut China Selatan yang mengemuka saat ini pun harus segera diselesaikan secara damai melalui forum dialog dan diplomasi. Caranya dengan mendorong Code of Conduct yang telah disepakati ASEAN agar dapat diterima oleh negara Tiongkok.

“Bagi Indonesia, ASEAN adalah wadah membangun kerjasama. Melalui pilar politik dan keamanan ASEAN, kita bisa memperkuat keamanan Asia Tenggara yang tentunya juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan negara-negara di dalamnya,” jelas Prabowo.

Sementara itu, Staf Khusus Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, di tengah-tengah kegiatan ADMM Retreat, Prabowo juga menggelar pertemuan bilateral dengan negara sahabat. Diantaranya dengan Wakil Perdana Menteri Thailand yang sekaligus Menteri Pertahanan, Menhan Filipina, Menhan Vietnam, Menhan Brunai Darussalam, Menhan Laos, dan Menhan Amerika Serikat.

“Menhan berdiskusi terkait dengan kerjasama pertahanan antar dua negara, terutama kerjasama pelatihan dan patroli laut untuk menangkal ancaman terorisme,” kata Dahnil.

Terkait pelatihan militer, Prabowo berencana meminta TNI untuk mengirim Taruna Akademi Militer Indonesia (Akmil) untuk belajar di masing-masing negara di atas termasuk ke Amerika Serikat seperti ke West Point untuk Angkatan Darat, ke Air Force Academy untuk Angkatan Udara, dan ke Annapolis untuk Angkatan Laut.

Bagikan berita ini:
2
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar