Preview Irlandia vs Denmark: Provokasi Pelatih

0 Komentar

Pemain Denmark harus berhati-hati di Dublin/EPA

FAJAR.CO.ID, DUBLIN—Duel hidup mati memperebutkan tiket Piala Eropa 2020 akan tersaji di Aviva Stadium, Dublin, dinihari nanti. Republik Irlandia yang butuh kemenangan akan menjamu Denmark yang tidak boleh kalah dua gol.

Dengan Swiss yang ada di posisi kedua hanya akan menghadapi juru kunci Grup D, Gibraltar, Irlandia dan Denmark mesti saling bunuh. Siapapun yang kalah, hampir dipastikan tidak akan lolos langsung ke EURO 2020.

Saat ini, Irlandia di posisi ketiga Grup D dengan poin 12. Mereka terpaut tiga angka dari Denmark yang memuncaki klasemen grup. Namun, hasil imbang 1-1 di pertemuan pertama membuat tuan rumah punya peluang lolos.

Cukup menang 2-0, anak asuh Mick McCarthy akan melenggang ke Piala Eropa dengan keunggulan head to head. Sedangkan, Tim Dinamit, julukan Denmark kemungkinan besar butuh keajaiban Gibraltar untuk menaklukkan Swiss.

Makanya, Mick McCarthy mencoba menggunakan semua potensi untuk membakar semangat anak asuhnya dan bertarung habis-habisan. Termasuk dengan menggunakan pernyataan legenda Denmark, Peter Schmeichel.

Schmeichel, ayah dari penjaga gawang Denmark saat ini, Kasper Schmeichel, bulan lalu menyinggung gaya bermain Irlandia. Peter menyebut anak asuh McCarthy bermain dengan gaya yang ‘sangat buruk’. Kata-kata itu yang kini digunakan McCarthy sebagai alat motivasi.

“Mereka tidak cukup hormat pada kita, kurasa. Saya pikir Anda harus menghormati setiap lawan Anda, jadi hadapi mereka dan lakukan yang terbaik untuk mengalahkan mereka,” kata McCarthy dikutip dari Daily Mail.

McCarthy juga menegaskan, dirinya senang mengetahui Irlandia harus mengalahkan Denmark di pertandingan ini. “Setidaknya kita tahu apa yang harus kita lakukan, kita harus menang. Tidak ada hasil lain yang akan dihitung untuk kita,” jelasnya.

Winger James McClean yang diprediksi menjadi tumpuan lini serang Irlandia menegaskan ambisinya membantu negaranya mengalahkan Denmark. Setelah cukup lama mandul, ia mengatakan ini momen terbaik baginya. “Akan menyenangkan untuk mencetak gol, mudah-mudahan pada hari Senin (Selasa Wita),” ujarnya di The Irish Sun.

Pemain berusia 30 tahun itu berharap bahwa kekalahan 1-5 di babak playoff Piala Dunia dua tahun lalu bisa menjadi pelajaran. “Terakhir kali kami melawan Denmark untuk lolos, itu tidak berjalan dengan baik. Mudah-mudahan kali ini lebih baik. Kamu tidak bisa memikirkan masa lalu,” tegasnya.

Hanya butuh satu poin minimal kalah tidak lebih dari satu gol, Pelatih Denmark, Age Hareide cukup santai. Menurutnya, mereka sudah sering bertemu Irlandia dan sudah saling mengenal satu sama lain. “Sangat jarang kami bertemu tim sesering kami bertemu Irlandia. Tapi saya rasa kita tidak bisa mengejutkan satu sama lain,” ujarnya di extra.ie.

Sang pelatih sendiri percaya Irlandia akan bertarung habis-habisan di laga ini. “Irlandia memiliki suasana hati yang sedikit berbeda sekarang. Tetapi meskipun mereka terlihat sedikit berbeda, mereka bermain dengan cara yang hampir sama. Mereka memiliki pemain yang bermain di Liga Premier yang relatif baik dan itu adalah bukti kualitas,” tandasnya. (amr)

Prakiraan Pemain

Irlandia (4-2-3-1): Randolph; Doherty, Duffy, Egan, Stevens; Hourihane, Whelan; Robinson, Hendrick, McClean; McGoldrick

Denmark (4-2-3-1): Schmeichel; Wass, Jørgensen, Kjær, Stryger Larsen; Schöne, Delaney; Skov, Eriksen, Braithwaite; Gytkjær

Head to head

07/06/19 Denmark  1-1 Irlandia

19/11/18 Denmark 0-0 Irlandia

13/10/18 Irlandia 0-0 Denmark

14/11/17 Irlandia 1-5 Denmark

11/11/17 Denmark 0-0 Irlandia

Lima pertandingan terakhir Irlandia

15/11/19 Republik Irlandia 3-1 Selandia Baru
16/10/19 Swiss 2-0 Republik Irlandia
12/10/19 Georgia 0-0 Republik Irlandia
11/09/19 Republik Irlandia 3-1 Bulgaria
06/09/19 Republik Irlandia 1-1 Swiss
Lima pertandingan terakhir Denmark

16/11/19 Denmark 6-0 Gibraltar
16/10/19 Denmark 4-0 Luksemburg
13/10/19 Denmark 1-0 Swiss
09/09/19 Georgia 0-0 Denmark
06/09/19 Gibraltar 0-6 Denmark

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...