Rutin Bersihkan Mainan, Selalu Cuci Tangan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bunda sebaiknya memperhatikan beberapa hal agar si Kecil tak terserang penyakit.

Spesialis Anak, Rumah Sakit Siloam, Dr dr Bob Wahyudin SpA(K) mengatakan, sebaiknya rutin membersihkan mainan anak. Jangan mendekatkan anak dengan orang yang terserang flu. Selalu nencuci tangan sebelum memegang bayi.

Jangan membiarkan peralatan makan dan handuk anak digunakan oleh orang lain. Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai saat anak terkena sakit; jika demam lebih dari 39 derajat, tidak ingin makan dan minum, adanya gejala dehidrasi, dan sesak napas. “Anak terlihat sangat lemas dan tidak bisa tidur. Jika flu, tidak sembuh lebih dari seminggu, maka segera bawa ke dokter,” ungkapnya.

Spesialis Anak, Rumah Sakit Siloam, Dr dr Bob Wahyudin SpA(K)

Untuk menghindari perut kembung, sebaiknya Bunda memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya kurangi atau hindari makanan yang akan membentuk gas setelah dicerna.

Ada baiknya Bunda tak memberi susu formula. Berikan hanya ASI jika memang Bunda masih mampu. Bayi bisa mengalami diare, sakit perut, dan gas berlebih karena sistem pencernaan bayi masih sulit mencerna kandungan gula atau fruktosa. (ind/dni)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...