SMPIT Nurul Fikri Makassar Gelar Pelepasan Kontingen Pramuka IPSIS Camp Thailand

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kontigen Pramuka SMPIT Nurul Fikri Makassar yang akan mengikuti Islamic Private School International Scout (IPSIS) Camp yang diselenggarakan di Thailand oleh Kepanduan Lukse Thailand, dilepas Senin (18/11/2019).

Kepanduan Lukse Thailand berada dalam wadah komunitas Sekolah Bestari As-Salam yang membawahi sekolah-sekolah di Thailad.

Rencananya, kegiatan tersebut akan berlangsung selama sepekan sejak tanggal 20 November hingga 27 November 2019.

SMPIT Nurul Fikri Makassar mengutus empat kontigen yaitu tiga murid dan satu orang Pembina. Mereka adalah Andi Muhammad Ikram Pratama, Ahmad Jailani, Andi Bau Muhammad Fahrian Cella, dan Erwin Syarif sebagai Pembina.

Pelepasan keberangkatan mereka dilakukan oleh Rasyidin Adnan, S.H.I sebagai Direktur Tarbiyah dan Humas mewakili ketua Yayasan, Hartono ST, melalui upacara apel pelepasan didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah bagian Kemuridan, Muhammad Fadhil Mewar, S.S.

Dalam sambutannya, Rasyidin menyampaikan kepada seluruh kontigen bahwa mereka adalah utusan sekolah dan bahkan utusan Indonesia untuk itu, mereka harus selalu semangat dan optimis.

“Warisilah semangat pejuang para pahlawan kita apalagi kita berasal dari Makassar, semangat perjuangan kita harus besar karena membawa nama Indonesia.” pesannya saat memberikan sambutan pada Apel pelepasan pagi tadi.

“Pandanglah ke depan. Jangan tunduk. Tingkatkan rasa percaya diri kalian, jaga sikap, jaga akhlak. Sebab kalian adalah duta sekolah, duta Daerah, dan duta Indonesia.” tambahnya.

Pada kesempatan itu pula, Fadhil berharap bahwa melalui kegiatan ini, mereka bisa menjadi contoh dan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh pada kegiatan tersebut. “Semoga di sana, kalian juga mampu menerapkan ilmu yang guru-guru kalian ajarkan di sekolah. Karena tujuan utama kalian adalah berdakwah. Insyaallah.” harapnya.

Kegiatan Jambore tersebut mengundang anggota kepanduan dari berbagai Negara. Termasuk mengundang anggota Pramuka melalui Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Sekolah Islam Terpadu Indonesia. Keikutsertaan SAKO ini diharapkan mampu memupuk persaudaraan antar pandu dan saling bertukar pengalaman.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dunia Internasional anggota Pramuka penggalang dan penegak Pramuka SIT, khususnya Negara ASEAN Thailand. Selain itu, melalui kegiatan ini, mereka diharapkan mampu mengaplikasikan skill kepramukaan tingkat penggalang dan penegak yang telah mereka dapatkan di sekolah. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...