Bagikan Ilmu Pembuatan Minyak Gosok Serai Antinyamuk

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Serai dipercaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya dengan membuatnya menjadi minyak gosok.

Dosen Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Indonesia, Wisdawati dan Selpida Handayani melatih masyarakat PKK Desa Pucak membuat minyak gosok antinyamuk dari herbal serai (cymbopogon citratus). Kegiatan ini merupakan program Pengabdian kepada Masyarakat dan Dakwah yang didanai oleh LPMD Universitas Muslim Indonesia.

Serai mengandung komponen kimia minyak atsiri yang salah satunya yaitu sitronella yang telah banyak dibuktikan dapat memberikan khasiat sebagai insektisida (pembunuh serangga), sehingga dapat digunakan sebagai antinyamuk. Sitronela inilah yang memberikan bau khas pada sereh dan dapat memberikan efek menenangkan jika digunakan. Namun, pada serangga termasuk nyamuk dapat mati karena komponen utama dari serai ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tanaman di sekitar Desa Pucak yang dapat dimanfaatkan sebagai antinyamuk, sekaligus untuk melatih warga Desa Pucak agar dapat membuat minyak gosok antinyamuk untuk digunakan sendiri ataupun untuk diproduksi dan dipasarkan sehingga menambah nilai ekonomi warga Desa Pucak, Kabupaten Maros.

Pembuatan minyak gosok serai ini menambahkan minyak kelapa. Cara membuatnya sangatlah mudah. Pertama menyiapkan minyak kelapa dan herba sereh yang sudah dibersihkan lebih dahulu dengan perbandingan 1:20. Potong-potong kecil sereh, masukkan minyak kelapa dan sereh ke dalam panci, lalu panaskan dengan api yang paling kecil dan ditutup rapat selama kurang lebih satu jam.

“Tunggu hingga dingin, lalu disaring. Masukkan ke botol. Minyak gosok sereh siap digunakan. Menggunakannya tiap hari tak jadi masalah karena tak menimbulkan efek samping apapun,” ujar Wisdawati. (ind/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...