Kesbangpol Sulsel Ajak UKM Jaga Ketahanan Ekonomi

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel tidak hanya bertugas menjaga dan memperkokoh ketahanan dan keamanan daerah, namun juga mewujudkan ketahanan ekonomi dan kemandirian.

Di era perdagangan bebas dan era 4.0 saat ini, dimana transaksi perdagangan sudah bergeser pada sistem online, Kesbangpol memiliki kewajiban melakukan deteksi dini, persoalan-persoalan apa yang dihadapi para pelaku ekonomi, khususnya yang berskala kecil hingga menengah (UMKM).

Kepala Bidang (Kabid) Bela Negara dan Ketahanan Ekonomi (Kesbangpol) Sulsel, Anne Marie menjelaskan, pihaknya berkewajiban untuk mengetahui tantangan apa yang dihadapi, bagaimana menginisiasi para pelaku ekonomi untuk tetap bisa bertahan mengembangkan usahanya di saat sekarang ini.

“Ketahanan ekonomi sangat berkaitan dengan ketahanan negara. Ketika ketahanan ekonomi lemah, akan berpengaruh terhadap kondisi suatu daerah. Kesbangpol punya kewajiban bagaimana ikut menjaga ketahanan ekonomi tersebut agar bisa tetap kuat,” ungkap Anne Marie dalam kegiatan Dialog Publik Peningkatan Lembaga Usaha di Hotel Grand Maleo, Selasa (19/11/2019).

Merujuk pada persoalan itu, Kesbangpol Sulsel mengumpulkan sekitar 100 pelaku UMKM untuk diberi bekal bagaimana bisa bersaing tetap fight di era penuh persaingan ini.

“Kita juga mau melihat dan memetakan kondisi UMKM yang ada. Kemudian memberikan rekomendasi-rekomendasi apa yang harus mereka lakukan,” tambah Anne. (fik)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...