Museum Karst dan Budaya, Jendela Warisan Sejarah Kabupaten Pangkep

Museum Karst dan Budaya Kabupaten Pangkep yang terletak di Rujab Bupati Pangkep. (FOTO: SAKINAH/FAJAR)

Sementara itu, Penanggungjawab museum karst dan budaya Pangkep, Akmaluddin menjelaskan, ada puluhan artefak peninggalan masa lampau yang ditemukan dalam gua yang ada di Kabupaten Pangkep. Artefak itu ada yang berupa batu, logam dan perlengkapan sehari-hari yang digunakan masyarakat pada waktu itu.

Melangkah masuk ke dalam bangunan museum karst ini, pengunjung akan disambut dengan deretan dokumentasi leang atau gua yang ada di Kabupaten Pangkep, mulai leang bulu ballang yang menyajikan dokumentasi lukisan menyerupai penyu di dinding gua, Leang Sumpang Bita, Gunung Lante Angoro, Leang Lasitae, Leang Kassi, Leang Lompoa dan masih ada puluhan foto gua yang ada dalam musem ini.

Akmal yang juga alumni Ilmu Sejarah Universitas Hasanuddin ini juga menyampaikan, artefak yang dipajang ini juga disebut ada yang berasal dari China, Vietnam, Thailand berupa keramik. Bahkan lukisan yang dipajang yang merupakan dokumentasi dari leang itu, diperkirakan berusia 40 ribu tahun yang lalu.

“Koleksi foto yang kita pajang ada 50 unit, itu terbagi atas tiga kategori foto, foto tetkait gua pra sejarah, foto flora dan fauna serta foto terkait industri karst,” ungkapnya. (fit)

Sakinah Fitrianti/Pangkep

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...