Preview Jerman vs Irlandia Utara: Tuntaskan Misi

Duel pemain Jerman dan Irlandia Utara pada pertemuan pertama di Belfast/Alex Grimm/Bongarts/Getty Images

FAJAR.CO.ID, FRANKFURT—Jerman akan menyelesaikan misi mereka di Kualifikasi Piala Eropa 2020 saat menjamu Irlandia Utara di Commerzbank Arena, dinihari nanti. Target mereka adalah menang dan juara Grup C.

STATUS sebagai pemuncak grup penting bagi Jerman lantaran posisi itu akan menempatkan mereka sebagai salah satu unggulan dalam drawing di Bucharest, akhir November nanti. Jika bisa masuk dalam rangking enam teratas kualifikasi, Der Panzer akan menjadi unggulan pertama dalam pengundian grup EURO 2020.

Hingga malam tadi, Jerman yang mengoleksi poin 18 dan selisih gol +18 masih di posisi keenam. Mereka berada di bawah Inggris, Belgia, Italia, Ukraina, dan Prancis. Namun, jika bisa mengalahkan Irlandia Utara, anak asuh Joachim Loew bisa naik ke posisi keempat dan dipastikan akan menjadi unggulan pertama.

Walau posisi sebagai unggulan pertama tidak menggaransi hasil Piala Eropa tahun depan, status itu jelas sangat penting. Itu karena mereka dipastikan tidak harus menghadapi lima unggulan utama lainnya yang logikanya pasti akan lebih tangguh dibandingkan rival lain.

Makanya, Pelatih Jerman, Joachim Loew menegaskan bahwa laga melawan Irlandia Utara ini sangat berarti bagi mereka. “Sekarang kami memiliki kesempatan untuk memenangkan grup ini, itu adalah tujuan kami. Kami ingin menang pada hari Selasa (Rabu Wita) dan finis di puncak grup,” kata Loew di AFP dikutip dari France24.

Kendati demikian, pelatih yang mengantar Jerman juara Piala Dunia 2014 itu tetap akan melakukan rotasi. “Saya pikir saya akan membuat satu atau dua perubahan, satu atau dua pemain yang tidak bermain (melawan Belarusia) akan mendapat peluang,” ujarnya.

Di antara nama-nama yang akan beristirahat termasuk sang kapten, Manuel Neuer. Untuk itu, posisi penjaga gawang akan diserahkan kepada Marc-Andre ter Stegen. Sementara ban kapten diyakini akan diserahkan kepada gelandang Real Madrid, Toni Kroos.

Kroos di pertandingan kontra Belarusia tampil luar biasa dengan mencetak dua gol dan satu assist. Dan sepertinya, Loew akan tetap mempertahankannya dalam line up untuk menjaga motivasinya setelah performanya sempat menurun pasca Piala Dunia 2014.

Julian Brandt yang sejauh ini juga sangat mengesankan bisa mendampingi Serge Gnabry dan Timo Werner di lini serang. Sedangkan Luca Waldschmidt yang mengalami cedera parah setelah bertabrakan dengan kiper Belarusia, Alyaksandr Hutar akan absen.

Kubu Irlandia Utara yang harus melanjutkan perjuangan mereka lewat babak playoff hampir dipastikan juga akan melakukan sejumlah perubahan di pertandingan ini. Akan tetapi, seperti halnya Jerman yang punya target terakhir sebagai juara grup, skuat asuhan Michael O'Neill juga datang ke Frankfurt untuk menang.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...