Puluhan Perahu Ramaikan Maulid Jolloro

FOTO: ARINI/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Sekitar 30 perahu yang dihias pernak-pernik maulid dan telur warna-warni ikut memeriahkan pawai maudu jolloro atau maulid perahu, Selasa, 18 November 2019. Lokasi pelaksanaannya di Kawasan Karst Rammang-rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa.

Ini merupakan tradisi tahunan warga di sekitar Wisata Karst Rammang-rammang untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

https://youtu.be/gbPNicajKmc

Arak-arakan ini dimulai dari Dermaga Satu menyusuri Sungai Pute ke Dermaga Dua di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa Maros.

Ketua Pengelola Kawasan Wisata Karst Rammang-rammang, Darwis, mengatakan, agenda tahunan ini sudah digelar keempat kalinya.

Maulid jolloro ini bertujuan untuk membangun rasa syukur di antara masyarakat pelaku dan penggiat wisata Rammang-rammang.

Dia mengatakan, maulid perahu ini merupakan tradisi warga sekitar setiap peringatan Maulid Nabi dan sudah dinantikan oleh banyak wisatawan.

Pasalnya, selain karena unik, wisatawan juga dapat ikut langsung mengarak bakul di atas perahu serta ikut mencicipinya saat sampai di Dermaga Dua Rammang-rammang.

"Jadi perayaan maulid jolloro ini bertujuan untuk melestarikan tradisi warga setempat. Selain itu, juga untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah ini," katanya.

Maulid ini, kata dia, digelar setelah maulid di masjid dilaksanakan.

"Maulid perahu ini sengaja digelar setiap tahun, sebagai ungkapan rasa syukur, atas rezeki yang diperoleh selama ini," sebutnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...