Kunjungan Studi Banding STMIK Bina Bangsa ke Yogya dan Jakarta

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Sebanyak 75 mahasiswa dan 10 Dosen STMIK Bina Bangsa Kendari melakukan kunjungan studi banding ke beberapa perguruan tinggi terbaik di Yogya dan Jakarta pada tanggal 6 – 13 November 2019.

Kegiatan studi banding dimulai dengan mengunjungi Kampus STTA Yogyakarta, kemudian dilanjutkan kunjungan Ke Kampus UII Yogyakarta dan Kampus Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Kunjungan selanjutnya di Ibukota Negara yakni Jakarta, kunjungan pertama dikampus Universitas Budi Luhur dan ditutup di Kampus BINUS University.

Rombongan Studi Banding dipimpin langsung oleh Kepala Penelitian STMIK Bina Bangsa Kendari Bapak Faizal Aris.

Lima universitas terkemuka di yogya dan jakarta adalah perguruan tinggi terbaik bidang IT di indonesia. Tujuan dari kegiatan studi banding ini adalah untuk mempelajari secara langsung, memahami kampus dibidang IT juga sharing pengalaman yang ada di kelima kampus tersebut dan membandingkan lapangan kerjanya alumninya.

Kampus AMIKOM Jogjakarta menerima secara langsung rombongan oleh Dekan Fakultas ilmu komputer dan Ketua Jurusan Sistem Informasi Ibu Krisnawati, S.Si.,MT. kemudian rombongan diantar langsung untuk melihat ruang belajar dan lab komputer yang ada di AMIKOM Jogja. Diakhir kunjungan rombongan diantar langsung untuk melihat produksi film animasi 3D buatan mahasiswa AMIKOM dan menonton langsung hasil karya AMIKOM film Battle of Surabaya di Bioskop mini AMIKOM jogja.

Di Binus University Rombongan STMIK Bina Bangsa diterima langsung oleh Deputy Head of Information System Binus university Bapak Devyano luhukay. Selanjutnya rombongan menerima materi tentang Blockchain yang dibawakan oleh Bapak Surjandy. Diakhir kegiatan rombongan diantar langsung oleh Bapak Ardian Saputra selaku Kordinator kerjasama universitas dalam negeri untuk melihat langsung ruang belajar, job career, perpustakan, ruang dosen dan ruang admisi Binus University.

“dari tiap kampus yang kami kunjungi memiliki keKhasan tersendiri dalam bidang IT, sehingga banyak ilmu dan wawasan yang didapatkan dalam kunjungan ini, Studi banding yang dilaksanakan oleh STMIK Bina Bangsa Kendari merupakan hal yang rutin, hal itu didasari karena studi banding dapat menambah wawasan institusi pendidikan, menambah cakrawala berfikir yang nantinya dijadikan barometer dan pembanding yang dapat diaplikasikan di sistem perkuliahan” ucap Ketua Rombongan Faizal Aris

Ditempat terpisah Ketua Dewan Pembina STMIK Bina Bangsa Muliati Saiman, S.Si mengatakan bahwa Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi bidang IT yang berada diskala nasional untuk tahun 2019 ini, insha allah mulai tahun 2020 kerjasama dengan universitas luar negeri akan kami lakukan dengan mengunjungi dan menjalin hubungan kerjsama baik pertukaran dosen dan mahasiswa ataupun pengembangan iptek secara keseluruhan.

menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Studi banding itu sendiri adalah sebuah konsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda yang merupakan kegiatan yang lazim dilakukan untuk tujuan pengembangan kampus, peningkatan mutu, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, dan lain-lain.

Diakhir kunjungan pihak STMIK bina bangsa dan pihak kampus tujuan studi banding melakukan penandatangan MoU dalam hal kerjasama tridarma perguruan tinggi. Diharapkan dengan adanya kegiatan studi banding yang rutin, dapat memberikan manfaat kepada dua belah pihak dalam memajukan pendidikan yang ada di Indonesia.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...