Terbaik Nasional, Baruga LAPOR-SP4N Sulsel Sisihkan Ratusan Daerah

0 Komentar

Kadis Kominfo-SP Sulsel, Andi Hasdullah.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Baruga LAPOR-SP4N Sulsel melejit. Posisinya masuk top 30 terbaik nasional di urutan 11.

Pemeringkatan tersebut sengaja dibuat Kementerian Pan-RB. Tujuannya sebagai apresiasi dan dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik melalui evaluasi kinerja aplikasi layanan aduan.

Penilaian layanan aduan publik secara nasional dalam tahun 2019 dengan melibatkan peserta sekitar 600 instansi. Terdiri atas pemerintah pusat, provinsi dan seluruh kab/kota seluruh Indonesia.

Pengumuman menteri PANRB melalui keputusan Nomor 310 tahun 2019 tentang kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Diputuskan Baruga LAPOR-SP4N Sulsel termasuk salah satu yang terbaik dan tembus top 30 berada diposisi rangking 11. Menyisihkan ratusan instansi pemerintah lainnya- selanjutnya akan mengikuti evaluasi berikutnya untuk katagori TOP 10 terbaik nasional.

Kadis Kominfo-SP Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan, dirinya telah menerima hasil penilaian Menteri PANRB. Isinya Baruga LAPOR-SP4N Sulsel masuk top 30 tatakelola aduan salah satu terbaik nasional

“Sekarang kami memang terus mengoptimalkan terutama kecepatan tindak lanjut aduan masyarakat yang masuk diaplikasi aduan dapat segera ditindaklanjuti penyelesaiannya,” ujar Hasdullah, Selasa (19/11/2019).

Hasdullah menambahkan, tata kelola aduan baruga LAPOR-SP4N Sulsel ini progresnya memang cukup tinggi karena aduan ini berbasis media sosial dan andoid. “Kita berikan layanan kemudahan, kecepatan, dan akurasi dalam menyampaian aduan prosesnya hanya butuh 15 menit saja aduan itu sudah sampai ke instansi berwenang untuk peyelesaiannya. Saat ini admin baruga LAPOR ada di OPD provinsi, kab/kota, bahkan sudah tembus sekitar pada angka 600 intansi yang tersambung dengan baruga lapor ini dan posisi Diskominfo-SP Sulsel ikut terus kontrol tindak lanjut aduan yang masuk baik itu menyangkut kewenangan pusat, provinsi maupun kab/kota,” paparnya.

Termasuk Sosialisasi aplikasi baruga lapor terus diintensifkan. Ada sosialisasi goes to campus, bintek dengan berbagai komunitas, brosur, iklan radio, dan berbagai canal yang lain.

“Intinya adalah kita berharap seluruh kalangan masyarakat Sulsel tau dan dapat manfaatkan aplikasi aduan ini sehingga secara nyata masyarakat dilayani dengan cepat atas berbagai masalah publik yang butuhkan. Hadir pemerintah untuk mengsolusi dan memberikan layanan prima kepada rakyat,” kunci Hasdullah. (iad)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...