Kencangkan Kulit Wajah Secara Alami

0 Komentar

Kulit cerah dan alami

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Area wajah dan leher jika sering terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerutan. Melakukan senam wajah dapat membuat kulit lebih kencang secara alami.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Hikmah, dr Alwi Mappiasse SpKK PhD FINSDV FAADV mengatakan, senam wajah dan leher sangat bagus untuk mengencangkan kulit wajah dan leher.

Beberapa teknik yang bisa dilakukan yakni pada dahi tekan-tekan dahi menggunakan tulang jari yang keras. Tekan dengan lembut dari bawah ke atas ke semua permukaan dahi. Pijatan ini mampu mencegah garis-garis kerutan di area tersebut.

Pada mata, gunakan jari dan pijat area mata memutar dari bawah mata menuju ke alis sebanyak dua kali putaran lalu pijat turun hingga ke pipi. Lakukan berulang hingga beberapa kali.

Untuk alis, gunakan tulang ibu jari untuk menekan area alis. Tekan hingga kulit seperti tertarik ke atas. Lakukan secara berulang untuk melancarkan sirkulasi darah. Pada bibir, tekan ke atas area di sekitar bibir menggunakan jari-jari secara lembut. Tekan lagi dari bawah bibir menuju ke atas. Sementara pada rahang pipi, pijat ke arah atas bagian pipi dan rahang menggunakan tulang jari-jari. Tekan agak dalam, lalu tarik ke luar dan putar ke bawah. Pijatan ini akan menghilangkan kaku di sekitar pipi dan rahang serta menimbulkan kesan tajam di area rahang.

Adapula tindakan facelift untuk memberikan efek terapi lebih lama, sehingga efek pengencangan juga lebih lama. Namun, hanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. lebih baik lagi bila menjaga kesehatan kulit dengan cara alami dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi serta berolahraga. Karena tindakan filler, thread lift, atau face lift tidak bertahan secara permanen. “Efeknya pasti ada seperti inflamasi sekitar dua minggu. Namun, bila tak berkompetensi pasti akan berefek lebih buruk lagi,” ungkapnya.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Unhas, Prof Dr dr Anis Irawan Anwar SpKK(K), FINSDV FAADV mengatakan, senam wajah juga sangat bagus untuk mengencangkan wajah, beberapa teknik yang bisa dilakukan yakni berfokus pada dagu dan otot-otot leher. Senam yang lain adalah dengan duduk pada posisi yang sama dan miringkan kepala ke belakang untuk memandang ke atas, ke langit-langit. Pada posisi yang sama, gerakan bibir bawah melampaui bibir atas sejauh mungkin. Tahan posisi ini selama lima detik, lalu rileks. Senam ini akan membantu menguatkan otot-otot leher dan dagu, serta mengendurkan dan membuatnya elastis. Ulangi senam ini beberapa kali.

Merawat wajah/Instgram

Anis menuturkan, banyaknya orang yang wajahnya terlihat awet muda, namun leher sudah kelihatan mengendur. Hal ini disebabkan leher jarang tersentuh oleh perawatan tertentu. Sehingga, ketika nantinya akan diberikan produk kecantikan, justru bisa menyebabkan sensitivitas seperti alergi atau iritasi di leher. Untuk itu, perlunya ketika menggunakan produk kecantikan di wajah, beri pula di area leher. Meskipun tak perlu sesering wajah karena leher tak terpapar sinar matahari terlalu sering.

Selain itu, adapula prosedur perawatan yang dapat mengencangkan secara permanen. Untuk non operasi yakni menggunakan ultrasound untuk menembus jaringan kulit dan menstimulasi agar menghasilkan kolagen. Kolagen sendiri memiliki banyak manfaat, mulai dari menghilangkan keriput hingga mengencangkan kulit.

Adapula chemical peeling yakni pemberian zat kimia tertentu yang bersifat cuka, yang akan membuat terjadinya pengupasan kulit. Gunanya untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit. Prosedur ini bisa menyebabkan pengelupasan kulit mati serta terjadinya regenerasi kulit dari penuaan dini. Tentu saja prosedur ini hanya dilakukan oleh dokter spesialis yang berkompeten.(*)

REPORTER: RAHMADANI INDAH ABADI
EDITOR: HAMDANI SAHARUNA

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...