Renovasi Stadion Mattoanging akan Tiru SUGBK

0 Komentar

Stadion Gelora Andi Mattalatta bagian tribun (tertutup), Selasa, 12 Maret. ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pemprov Sulsel sudah punya model untuk renovasi Stadion Mattoanging. Renovasinya akan mencontoh Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel melakukan kunjungan ke SUGBK, Selasa, 19 November. Rencananya, skema pengelolaan Stadion Mattoanging juga akan meniru SUGBK.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwien Azis bersama Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sulsel, Muh Firda melakukan kunjungan ke SUGBK. Kata Arwien, pada kunjungan tersebut, rombongan Dispora menemui Badan Pengelola GBK.

“Sebelum rehabilitasi Stadion Mattoanging, kita kunjungan ke GBK. Memang ada sedikit persamaan, keduanya stadion bersejarah,” kata Arwien.

Mantan Kepala BPKD Sulsel ini menyebutkan pihaknya mempelajari beberapa hal dari stadion yang menjadi markas Timnas Indonesia. Terutama masalah pengelolaan, melalui Badan Layanan Umum (BLU). Markas PSM Makassar tersebut bakal direhabilitasi total menjadi stadion dengan standar internasional.

Stadion Mattoanging Makassar. (Foto: Ardiansyah Bandoe/FAJAR)

“Mulai dari pengelolaan keuangannya dengan BLU sampai dengan peninjauan fasilitas stadion. Serta proses rehabilitasi yang pernah dilakukan di GBK seperti apa,” sebutnya.

Pembenahan besar-besaran untuk Stadion Mattoanging bisa menjadi stadion berstandar internasional disiapkan Rp200 miliar. Dispora akan melakukan konsultasi ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Konsultasi itu bertujuan untuk memuluskan proyek tersebut.

“Kita harap nanti tendernya bisa lebih awal pada tahun ini supaya pelaksanaan diharapkan bulan Januari. Ini kita kejar. Makanya kita lakukan langkah-langkah percepatan dengan konsultasi kepada pihak terkait termasuk LKPP,” tukasnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan rehabilitasi Stadion Mattoanging menjadi sport center akan menggandeng kontraktor berkompeten dan profesional. Prosesnya pengerjaan sudah bisa dimulai tahun depan.

Selain Stadion Mattoanging, Nurdin juga merencanakan bakal membenahi GOR Sudiang Makassar.

“Ini kan tahun depan kita siapin Rp200 miliar. Itu (Stadion Mattoanging) akan menjadi sport center. (GOR) Sudiang juga tahun depan akan kita benahi bagus,” tegasnya. (fik/rif)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...