Ribuan Pegawai Kehilangan Jabatan, Eselon III dan IV Bakal Ditiadakan

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Perampingan birokrasi makin kencang gaungnya. Ribuan pegawai bakal kehilangan jabatan setelah eselon III dan IV ditiadakan.

Khusus lingkup Pemprov Sulsel saja, berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, jumlah pejabat eselon III dan IV sebanyak 1700 orang. Sementara di Kota Makassar, ada 1.550 orang yang saat ini memegang jabatan eselon III dan IV.

Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo telah meneken Surat Edaran Nomor 393 tahun 2019. Surat edaran itu mengenai langkah strategis dan konkret penyederhanaan birokrasi.

Kesembilan langkah itu antara lain dimulai dengan mengintensifkan unit kerja eselon III, IV dan V yang dapat disederhanakan. Jabatan strukturalnya dijanjikan akan dialihkan ke posisi baru fungsional yang dianggap setara.

Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani mengakui sudah ada surat edaran MenPAN tentang langkah strategis penyederhanaan birokrasi. Namun, dia menilai rencana perampingan ini masih cukup panjang prosesnya.

"Tidak gampang. Harus dikaji baik dan penuh kehati-hatian," ungkapnya kepada FAJAR, Selasa, 19 November.

Hayat mengaku lebih memilih menunggu revisi Undang-undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN). Surat edaran mesti punya relevansi dengan aturan tertinggi yakni UU No 5 tahun 2014. UU ASN masih mengelompokkan ASN ke dalam tiga kelompok. Seperti jabatan administrasi (aturan eselon), jabatan fungsional, dan jabatan pimpinan tinggi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...