Xiaomi Janjikan Smartphone 5G Mulai 2020

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Smartphone dengan dukungan teknologi 5G sudah mulai banyak beredar di negara-negara yang sudah memiliki jaringan seluler generasi kelima (5G) itu. Sayangnya, smartphone dengan dukungan 5G saat ini masih tergolong mahal dengan kebanyakan model yang hadir merupakan seri flagship.

Sejalan dengan mulai populernya jaringan 5G dalam beberapa waktu ke depan, bukan tak mungkin perangkat smartphone 5G nantinya juga akan lebih murah. Hal tersebut saat ini sudah mulai ditunjukkan oleh beberapa pabrikan smartphone. Salah satunya Xiaomi.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari GSMArena, Rabu (20/11), awal tahun ini, CEO Xiaomi Lei Jun mengumumkan perusahaan berencana untuk meluncurkan setidaknya 10 smartphone baru dengan konektivitas 5G. Belum lama ini, dirinya melanjutkan saat mengisi acara di Guangzhou, Tiongkok, bahwa semua smartphone Xiaomi dengan harga mulai CNY 2,000 atau berkisar Rp 3 jutaan akan memiliki kemampuan 5G.

Pidato eksekutif Xiaomi itu merupakan bagian dari Konferensi Mitra Global Seluler Tiongkok. Selama acara tersebut, ketua perusahaan penerbangan Yang Jie mengatakan rencananya adalah untuk menambah 70 juta pengguna 5G pada 2020 dan untuk memperluas aplikasi 5G ke lebih dari 100 industri. Tamu penting lain dari konferensi ini adalah Howard Liang, ketua dewan direksi Huawei.

Saat ini, Xiaomi memiliki portofolio handset 5G yang agak sederhana. Perangkat 5G Xiaomi ada Mi Mix 3 5G yang relatif lama, Mi 9 Pro 5G di Tiongkok saja, dan Mi Mix Alpha yang cukup banyak prototipe serta rumor yang menyebut dibuat hanya 500 unit saja.

Dengan membawa perangkat yang lebih murah dengan chip 5G, Xiaomi cenderung menghadirkan melalui perangkat seperti non-Pro Redmi K30, akhirnya Mi 10 SE, bahkan Redmi Note 9 Pro.

Janji Xiaomi soal smartphone 5G murah tampaknya juga akan didukung oleh pembuat chip prosesor seperti Qualcomm. Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, September lalu, Qualcomm mengumumkan bahwa mereka akan merilis chipset Snapdragon seri 600 dan 700 yang terintegrasi 5G.

Diketahui, seri Qualcomm Snapdragon 600 dan 700 merupakan seri chip kelas menengah yang biasa hadir pada smartphone dengan harga terjangkau. Qualcomm memungkinkan teknologi 5G hadir pada perangkat ponsel terjangkau.

Pengumuman terungkap saat pameran teknologi konsumen, IFA di Berlin, Jerman. Di sana, Qualcomm menyampaikan bahwa chipset kelas menengah Snapdragon 600 dan seri 700 mendatang akan menampilkan modem 5G terintegrasi. (jpg/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...