IPA III Antang Beroperasi, Tidak Ada Lagi Bergilir dan Siap Sambungan Baru 3.000 SL

  • Bagikan
Pj Wali Kota Makassar M. Iqbal Suhaeb menyaksikan langsung uji coba IPA III Antang.

FAJAR,CO.ID, MAKASSAR -– Keluhan kekurangan air di Kecamatan Manggalan, terutama di Kelurahan Antang, Bangkala, Manggala, Tamangapa, dan Kelurahan Borong, bakal terpenuhi. Hal ini menyusul uji coba peningkatan kapasitas produksi Instalasi Pengolahan Air (IPA) III sebagai solusi permasalahan gangguan pelayanan air bersih di Kecamatan Manggala, yang disaksikan langsung Pj Wali Kota Makassar M. Iqbal Suhaeb, di IPA III Antang Jl Lasuloro, Perumnas 1 Antang, Kamis (21/11/2019).

Bahkan Iqbal Suhaeb menargetkan, setelah IPA III Antang ini, akan ada lagi IPA lain yang dibangun untuk semua wilayah, sehingga krisis air yang kekurangan di Makassar ini, seperti di wilayah Utara dan Timur, bakal teratasi kekurangan air tersebut.

“Kita bertahap. Setelah di Antang, kita ke daerah lain lagi yah. Tapi bertahap, mungkin tahun depan lagi. Karena ini di Antang lumayan besar juga anggarannya sekitar Rp13 Miliar. Tapi dengan support Pemda dan Pemprov kita akan bangun di wilayah lain,” kata Iqbal.

Sementara itu, Plt Dirut Perumda Air Minum Makassar Dr. Hamzah Achmad, SE, Ak, MSA menjelaskan, IPA III Antang ini dibangun pada tahun 1985 melalui paket pembangunan Perumnas Antang dengan kapasitas produksi 20 liter/detik yang dikenal dengan nama IPA MASWANDI I.

“Karena laju pertambahan penduduk yang semakin pesat, maka PDAM Kota Makassar kembali membangun instalasi pengolahan air untuk menambah kapasitas produksi di tiga tahap,” ungkap Hamzah.

Ketiga tahap tersebut, yakni di tahun 1992 dibangun IPA RUHAKPHALA dengan kapasitas 20 liter/detik, kemudian di tahun 2003 dibangun IPA MASWANDI 2 dengan kapasitas 50 liter/detik, dan di tahun 2010 dibangun IPA LAPI 1 dengan kapasitas 35 liter/detik.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan