Pasang Ring Jantung, 5 Hal Ini Harus Anda Perhatikan

Kamis, 21 November 2019 08:30
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID– Pada penderita penyakit jantung koroner yang kondisinya sudah cukup parah, dokter akan menyarankan untuk pasang ring jantung. Bila Anda ingin atau baru saja melakukannya, jangan langsung beraktivitas seperti biasa.

Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah pasang ring jantung.

Perlu diketahui, pemasangan ring atau stent di jantung merupakan bagian dari tindakan yang disebut sebagai intervensi koroner perkutan (PCI). PCI adalah prosedur non bedah yang menggunakan kateter untuk menempatkan struktur kecil yang disebut ring, untuk membuka pembuluh darah di jantung yang telah menyempit oleh penumpukan plak (aterosklerosis).

PCI dapat meningkatkan aliran darah, sehingga mengurangi nyeri dada yang berhubungan dengan jantung, membuat pasien merasa lebih baik, dan meningkatkan kemampuan dan kualitas untuk aktif kembali.

Kegunaan lain dari PCI meliputi meringankan atau mengurangi angina (nyeri dada kiri yang khas), mencegah serangan jantung, dan meredakan gejala gagal jantung kongestif.

Selain itu juga memungkinkan beberapa pasien untuk menghindari tindakan bedah (cangkok bypass arteri koroner atau CABG), suatu tindakan pembedahan yang luas dan sering kali butuh waktu rehabilitasi yang lama.

Hal-hal yang harus diperhatikan setelah pasang ring jantung

Seperti diketahui Cecep Reza meninggal dunia pascamelakukan pemasangan ring jantung. Dilihat dari akun Instagram miliknya, Cecep beberapa hari terakhir sudah beraktivitas seperti biasanya.

Bagikan berita ini:
5
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar