Pasang Ring Jantung, 5 Hal Ini Harus Anda Perhatikan

  • Bagikan

Mobilisasi bertahap. Pasien akan disarankan untuk tidak melakukan kegiatan berat. Dokter akan memberi tahu kapan pasien bisa kembali bekerja dan melanjutkan kegiatan normal saat melakukan kontrol.

Mengatur pola makan

Selain tak boleh beraktivitas berat, pasien juga harus menghindari beberapa makanan yang tidak baik untuk pasien jantung koroner. Hindari makanan yang mengandung trigliserida dan natrium tinggi, yakni: santan, gorengan, margarin, kelapa, garam, gula (karena berpengaruh langsung pada trigliserida), dan lain-lain.

Hindari juga makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging olahan, gorengan, makanan cepat saji, semua jenis roti, kue, dan cookies yang mengandung banyak lemak jenuh, dan sebagainya.

Tidak merokok

Jangan kembali merokok bila sebelumnya punya kebiasaan buruk tersebut. Asap rokok dan senyawa berbahaya lainnya dalam rokok bisa mengakibatkan efek samping yang buruk untuk jantung, serta bisa membuat kerja jantung semakin berat. Hindari asap rokok sebaik mungkin agar ring jantung bisa bekerja dengan baik.

Pasien harus segera ke IGD atau dokter terdekat apabila merasakan: Demam atau kedinginan.

Peningkatan rasa sakit, kemerahan, pembengkakan, atau perdarahan atau drainase (rembesan dari luka di lokasi sayatan). Kedinginan, mati rasa, kesemutan, atau perubahan lainnya di lokasi sayatan. Nyeri, rasa tekanan pada dada, mual muntah, berkeringat banyak, pusing, dan pingsan. Dokter akan memberi petunjuk tambahan atau alternatif setelah prosedur, tergantung pada situasi khusus.

  • Bagikan