Pasang Ring Jantung, 5 Hal Ini Harus Anda Perhatikan

  • Bagikan

Pasien mungkin akan merasakan sakit di lokasi sayatan. Obat-obatan analgesik (pereda nyeri) bisa digunakan untuk mengatasi nyeri ringan intensitas hingga sedang. Obat antiplatelet juga bisa diberikan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah.

Dokter jantung akan menginstruksikan rawat inap pasca tindakan untuk mengevaluasi dan menghindari terjadinya komplikasi seperti perdarahan, pembekuan darah, atau masalah dengan aliran darah ke jantung.

Masa rawat inap akan lebih panjang jika pasien mengalami kejadian koroner seperti serangan jantung. Pasien akan diinstruksikan untuk minum banyak air dan membatasi aktivitas fisik selama beberapa waktu. Ini penting guna memaksimalkan terapi dan menghindari berbagai komplikasi yang tidak diinginkan.

Demikian hal-hal yang harus diperhatikan setelah pasang ring jantung. Prosedur tersebut dapat menyelamatkan nyawa pasien dengan penyakit jantung koroner.

Namun, pasien tetap harus memodifikasi gaya hidup untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.

Terapkan gaya hidup secara konsisten, mulai dari diet lengkap bergizi seimbang, olahraga teratur, dan berhenti merokok.(RN/RH/klikdokter/jpnn/fajar)

  • Bagikan