Penyakit Autoimun seperti Ashanty, Ini 3 Tips Hidup Sehat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Mengalami penyakit autoimun seperti Ashanty bukanlah akhir dari segalanya. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, jika Anda juga mengalami penyakit tersebut, ada tiga cara mudah yang bisa dilakukan agar kondisi tubuh tak makin parah.

Hidup sehat meski mengalami penyakit autoimun

Lakukan diet sehat

Apabila Anda menderita penyakit autoimun seperti lupus, psoriasis, radang usus (IBD) atau reumatoid artritis (RA), diet autoimmune protocol (AIP) bisa menjadi pilihan.

Makanan yang boleh dikonsumsi pada saat Anda menjalankan diet AIP, antara lain: daging dan ikan (yang berasal dari alam), ubi manis, susu kelapa, alpukat, biji zaitun, minyak kelapa, madu, teh hijau dan cuka apel. Memilih makanan organik juga dirasa lebih baik untuk penderita autoimun.

Jika Anda ingin mengonsumsi sayuran, hindari yang berasal dari famili nightshades atau solanaceae, seperti tomat, terong, paprika, maupun kentang. Sayuran jenis tersebut dapat memperburuk kondisi penyakit autoimun.

Rajin berolahraga

Olahraga mengurangi kelelahan atau nyeri berkepanjangan, juga menurunkan stres dan kecemasan, meningkatkan energi serta memperbaiki mood. Tapi, olahraga tak boleh dilakukan berlebihan supaya tak membuat tubuh stres yang justru bisa memicu kemunculan gejala yang lebih berat.

Beberapa pilihan olahraga yang dapat dilakukan, misalnya yoga, tai chi, angkat beban, bersepeda dan berjalan kaki. Lakukan olahraga setidaknya tiga kali seminggu, dengan durasi 30 menit tiap sesi.

Hindari faktor pencetus

Hindari paparan bahan-bahan kimia agar kondisi penyakit autoimun tidak semakin parah. Penting juga mencegah penularan infeksi dari lingkungan sekitar, misalnya dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, atau menggunakan masker jika berada di daerah yang berpolusi.

Selain itu, Anda pun harus bisa mengelola stres dengan baik.(NB/RPA/klikdokter/jpnn/fajar)

Sumber : klikdokter
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...