Apakah Terlambat Bagi Perokok Untuk Berhenti?

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pada artikel sebelumnya, dibahas tentang bagaimana empat faktor, kebiasaan merokok, kolesterol, darah tinggi dan diabetes, punya kaitan erat terhadap risiko seseorang terkena penyakit jantung di kemudian hari.

Hal inilah yang kemudian seringkali diingatkan para dokter pada pasien mereka, khususnya para perokok, untuk sesegera mungkin meninggalkan kebiasaannya menghisap rokok.

Apakah ini berarti eks perokok punya kesempatan yang lebih baik, jika saja mereka bisa meninggalkan kebiasaan lamanya itu, apakah terlambat bagi perokok yang ingin merubah kualitas hidup mereka?

Well, menurut ahlinya, fungsi dan struktur jantung manusia itu ternyata memiliki kemampuan, untuk memulihkan dirinya sendiri, dalam hal ini secara alami, dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan di atas.

“Struktur dan fungsi jantung yang dimiliki oleh eks perokok memiliki kesamaan dengan mereka yang tidak pernah merokok sama sekali,”jelas profesor dari Harvard Medical School, Dr. Scott Solomon seperti dikutip WebMD.

“Dengan kata lain, jantung mereka yang berhenti merokok itu. sepertinya memulihkan dirinya seperti sedia kala,” ungkap pria yang juga peneliti senioor di Brigham and Women’s Hospital itu.(fin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...