FKM UMI Ajarkan Model Keperawatan Berbasis Islami


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dosen Prodi Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Samsualam dan Ella Handayani menggelar pelatihan tentang aplikasi model intervensi keperawatan, tentang pelayanan spiritual Islam kepada seluruh perawat yang ada di Rumah Sakit Ibnu Sina.

Seperti diketahui, RS Ibnu Sina merupakan RS yang memberikan pelayanan berbasis Islami. Ketua Panitia, Samsualam mengatakan, dalam materi ini perawat bagaimana melayani pasien dengan berbasis syariat Islam.

Pasien dibimbing mengenai bagaimana cara salat ketika masih dalam keadaan sakit. Bagaimana melakukan tayammum, membaca doa-doa untuk kesembuhan dan masih banyak lagi.

Untuk lebih detail para perawat bisa mendownload aplikasi Spiritual Islamic Nursing Care (SINC). “Menurut kami ini sangat penting diterapkan apalagi Indonesia mayoritasnya umat muslim. Perawat harus memotivasi pasien dalam hal ibadah. Mereka juga bisa menginstruksikan pada pasien untuk mengunduh aplikasi ini jika ingin belajar lebih banyak,” tambahnya.

Samsualam berharap, agar aplikasi ini dapat diunduh oleh semua pasien dan perawat yang ada di RS Ibnu Sina, “Kami harapnya setiap ada pasien yang datang. Langsung diinstruksikan untuk download. Jadi memudahkan mereka,” tambahnya. (ind/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...