Van Basten Minta Maaf Ucapkan Salam Ala Nazi di TV

0 Komentar

Marco Van Basten/Getty Images

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten meminta maaf karena mengatakan “sieg heil” selama tampil di siaran televisi setelah wawancara dengan seorang pelatih Jerman. Sieg Heil atau Salam Kemenangan adalah kata yang diteriakkan ketika melakukan hormat Nazi.

Hormat tersebut diadopsi pada 1930-an oleh Partai Nazi untuk tanda penghormatan kepada pemimpin partainya, Adolf Hitler, dan untuk menjayakan negara Jerman. Penggunaan hormat tersebut sekarang dianggap tindak kejahatan di Jerman, Slowakia, dan Austria.

Di Kanada, Republik Ceko, Prancis, Belanda, Swedia, Swiss dan Rusia, hormat tersebut dianggap tindakan kebencian ilegal jika dipakai untuk memajukan ideologi Nazi.

Van Basten, yang bekerja sebagai analis untuk Fox Sports, muncul pada hari Sabtu dan menggunakan frase itu. Tapi, Van Basten memudian meminta maaf. “Bukan niat saya untuk mengejutkan orang. Saya minta maaf,” kata legenda AC Milan tersebut dikutip dari FOX Sports.

Komentar Van Basten jadi sorotan di akhir pekan karena muncul di tengah upaya klub-klub sepak bola Belanda memerangi rasisme. Akhir pekan kemarin, para pemain berdiri diam selama satu menit di awal pertandingan untuk aksi tersebut.

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu pertandingan divisi kedua antara Den Bosch dan Excelsior Rotterdam terpaksa dihentikan sebentar oleh wasit. Itu menyusul teriakan rasis yang diarahkan pada pemain kulit hitam di pertandinan itu. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...