32 Desa Nikmati Internet Gratis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU– Bidang e-Goverment dari Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar telah menyelesaikan pemasangan internet gratis di 32 desa yang tersebar di enam kabupaten. Langkah itu dilakukan melalui program Marasa Internet Desa yang dicanangkan Gubernur Sulbar dan Wakil Gubernur Sulbar.

Tiga tim turun ke lapangan guna memasangkan alat internet yang terdiri dari tim I di Kabupaten Polman dan Mamuju, tim II Mamasa dan Majene dan tim III di Kabupaten Pasangkayu dan Mateng. Kadis Kominfo Sulbar Safaruddin mengucapkan terima kasih kepada semua tim yang telah bekerja secara maksimal dan dengan target penyelesaian yang tepat. Pihaknya mengapresiasi karena saat ini 32 desa se Sulbar sudah menikmati internet gratis.

“Terkait masih rendahnya jangkauan signal atau pemancar ke masyarakat yang hanya 100 meter, akan menjadi bahan kita tahun depan 2020 jika program ini berlanjut. Namun yang terpenting adalah di kantor desa telah terpasang dan kini telah dapat digunakan dengan lancar, ” kata Safar. Adapun jika ada yang bersifat teknis lainnya di desa jika ada keluhan dipemasangan alat, akan menjadi tanggujawab Diskominfo mencari solusinya.

Pihaknya juga akan berkomunikasi ke Dinas Kominfo Kabupaten atau camat setempat, agar bisa membantu desa yang telah terpasang jaringan. “Yakni dengan menempatkan salah satu aparatnya di kantor desa yang mengetahui pengetahuan tentang IT,” tutur Safar.

Animo masyarakat khususnya kepala desa yang telah mendapatkan internet gratis di kantor desanya sangat besar. Misalnya di Desa Mosso yang merupakan salah satu desa terpencil di Kecamatan Balanipa Kabupaten Polman. “Selama ini kami harus menempuh jalan berkilo-kilo meter untuk mencari jaringan internet ataupun jaringan telepon, sehingga kami aparat desa kewalahan melakukan tugas-tugas serta kurangnya informasi yang kami dapat,” kata Kades Mosso, Sukri.

Dengan adanya bantuan internet gratis yang telah memasangkan kabel dan alat, sangat membantu mereka dalam mendapatkan informasi dan melakukan tugas serta pelayanan kepada masyarakat. (nur/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...