APBD 2020 Mateng Masih Fokus Pembenahan Infrastruktur

Ketua DPRD Mamuju Tengah, Arsal Aras.

FAJAR.CO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mamuju Tengah telah merampungkan pembahasan APBD 2020. Saat ini dokumennya sudah dibawa ke Pemerintah Provinsi Sulbar untuk diasistensi.

“Tadi malam kami sudah finalisasi terkait laporan komisi. Kami sudah memberikan ke provinsi untuk dievaluasi (asistensi). Jadi pembahasan sudah selesai. Kalau provinsi menyatakan clear, nomornya sudah ada, baru kami melakukan penetapan APBD,” kata Ketua DPRD Mateng, Arsal Aras, Selasa 26 November.

Angka APBD 2020 Mateng mengalami penurunan. APBD 2019 yakni Rp694 miliar lebih, turun menjadi Rp680 miliar lebih.

Selain itu, alokasi APBD juga untuk pembiayaan sejumlah OPD akibat dana sharig APBN yang menurun. Ada pergeseran biaya untuk belanja untuk Pilkada 2020. Hal itu untuk mengakomodir permintaan penyelenggara dan kepolisian. Namun tetap sesuai kemampuan keuangan daerah.

“Ada pengurangan, hasil akhirnya diangka Rp680 miliar lebih,” kata Ketua DPC Demokrat Mateng ini.

Arsal menambahkan fokus APBD 2020 masih diperuntukkan untuk infrastruktur. Khususnya perbaikan dan pelebaran jalan, penataan trotoar, perbaikan dan pembangunan jembatan. Demi mewujudkan hal ini, pemerintah daerah harus puasa bangun perkantoran.

“Intinya di Mateng persoalan perkantoran kita masih abai, kita hanya membangun satu kantor yaitu kantor bupati. Sampai hari ini kantor yang lain belum ada. Semua keungan kita fokus infrastruktur jalan. Dari lahir (usia Kabupaten Mateng 7 tahun) infrastruktur jalan buruk. Alhamdulillah sekarang ini sudah nampak meski belum tuntas,” jelasnya.

Dia mencontohkan pembangunan akses jalan untuk program Kementerian Transmigrasi di UPT Salundeang, Desa Batu Parigi Kecamatan Tobadak dulunya terisolasi.

“Kita juga ingin menata kota tetapi tidak menafikkan infrastruktur di pedesaan. Visi misi pemerintahan memang peningkatan jalan dan jembatan atau infrastruktur. Pembangunan menjangkau akses yang selama ini terisolir akhirnya bisa dijangkau,” ujarnya. (rul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...